SUARA INDONESIA

Kodim 0708 Purworejo Adakan Kegiatan Saka Wira Kartika Tahun 2021

Agus Sulistya - 16 June 2021 | 17:06 - Dibaca 987 kali
TNI/Polri Kodim 0708 Purworejo Adakan Kegiatan Saka Wira Kartika Tahun 2021
Dandim 0708 Purworejo ketika memberikan materi dalam kegiatan saka wira kartika di SMK TKM Purworejo

PURWOREJO - Pelaksanaan program saka wira kartika semester I Tahun 2021 yang dilakukan oleh Kodim 0708 Purworejo dengan tujuan untuk mewujudkan binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan pramuka saka wira kartika guna membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan dilaksanakan di aula SMK TKM (Taman Karya Madya), Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (16/06/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0708 Purworejo juga memberikan pembekalan materi kebangsaan kepada para siswa-siswi SMK TKM yang hadir.

Letkol Inf. Lukman Hakim selaku Dandim 0708 Purworejo menyampaikan, bahwa peran pemuda sangat strategis dan menentukan nasib bangsa dimasa yang akan datang.

"Bhineka Tunggal Ika adalah jati diri bangsa Indonesia sejak dulu hingga saat ini, maka kesadaran akan hidup bersama di dalam keberagaman sudah tumbuh dan menjadi jiwa semangat bangsa di negara ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, bahwa untuk menghadapi berbagai macam ancaman dan tantangan globalisasi diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan bela negara.

"Kegiatan pembinaan saka wira kartika ini sangat penting dilakukan guna membangun karakter insani dalam meningkatkan semangat kebersamaan di lingkungan sekolah serta membangun rasa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air serta kebinekaan," katanya.

Dandim juga berpesan, dengan adanya kegiatan tersebut maka akan tumbuh rasa kebersamaan, solidaritas dan toleransi.

"Hakikat pendidikan adalah sebuah transfer dan sosialisasi nilai untuk membentuk karakter berdisiplin yang siap memimpin dan dipimpin,” pesan Dandim.

Sementara itu, Sohibul Arif selaku Waka Kesiswaan SMK TKM Purworejo menyampaikan, terima kasih kepada Komandan Kodim 0708 Purworejo yang sudah mengisi materi dalam rangka saka wira kartika.

"Kegiatan ini sangat bagus sekali, karena dengan materi tersebut diharapkan bisa menanamkan rasa cinta kepada bangsa dan negara serta menumbuhkan sikap nasionalisme untuk peserta. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berlanjut," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV