SUARA INDONESIA

Bantu Pemerintah Akhiri Pandemi, Senkom Mitra Polri Kabupaten Purworejo Dilatih Tracher Covid-19

Widiarto - 08 July 2021 | 19:07
TNI/Polri Bantu Pemerintah Akhiri Pandemi, Senkom Mitra Polri Kabupaten Purworejo Dilatih Tracher Covid-19

PURWOREJO - Polres Purworejo, Jawa Tengah, menggelar pelatihan tracher untuk para anggota Sentra Komunikasi (Senkom) mitra Polri Kabupaten Purworejo di ruang Rupatama Polres Purworejo, pada Kamis (8/7/2021) sore.

Pelatihan itu diberikan dalam rangka mendukung percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Purworejo.

Wakil ketua Senkom Kabupaten Purworejo, Annas saat ditemui usai pelatihan menjelaskan, pelatihan itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut pelatihan yang diberikan di Polda Jateng beberapa waktu lalu untuk diberikan kepada anggota Senkom lain yang ada di Kabupaten Purworejo.

"Alhamdulillah sore ini dengan difasilitasi Polres plPurworejo melalui Kasat Binmas telah dilaksanakan pelatihan tracer covid-19 kepada anggota Senkom mitra Polri Kabupaten Purworejo, outputnya nanti kita semua akan menjadi relawan bergabung menjadi tracer dimasing-masing domisili, wilayah tempat tinggal melalui Puskesmas masing-masing," katanya.

Dalam pelatihan itu, lanjutnya, dengan memberikan sejumlah materi, diantaranya materi konsep dasar pelacakan, buku saku dan apa saja yang dicatat dan penyampaian aplikasi Si Lacak, yaitu aplikasi yang digunakan untuk pendataan dan pelaporan dari tracing yang dilakukan oleh relawan dengan strategi penanganan yang bisa dilakukan yaitu dengan cara 3T, yaitu Testing, Tracing, Treatment dan dengan Vaksinasi.

"Mereka akan melakukan pendataan sekaligus melacak siapa saja yang bersinggungan dengan orang yang terpapar covid -19 di wilayahnya masing- masing lalu dilaporkan ke Dinkes sebagai penanggung jawab melalui aplikasi Si Lacak," jelasnya.

Disampaikan, untuk Kabupaten Purworejo, ada sekitar 200an anggota Senkom yang aktif dan diharapkan dimasing masing sektor nantinya bisa menularkan ilmunya kepada relawan lain yang ada di wilayahnya.

"Sebagai mitra sekaligus bentuk sinergisitas antara Senkom dengan Polri, kami akan mengabdi kepada masyarakat, intinya kami ingin membantu pemerintah dalam segera mengakhiri pandemi covid-19 ini," ujarnya.

Kasat Binmas Polres Purworejo, AKP Prayogo, mengaku senang dan sangat mendukung pelatihan tracer covid-19 Senkom Purworejo itu, dalam rangka mendukung penanganan covid-19.

"Personil Senkom memiliki kemampuan- kemampuan dalam komunikasi, harapan kami Senkom bisa membantu Polri dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif selama pandemi ini dan juga bisa membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus covid-19 sekaligus mengakhiri masa pandemi yang terjadi saat ini," harapnya.

 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya