SUARA INDONESIA

TNI AL Koarmada II Vaksinasi 3.000 Masyarakat Maritim di Lamongan

M Nur Ali Zulfikar - 14 July 2021 | 19:07
TNI/Polri TNI AL Koarmada II Vaksinasi 3.000 Masyarakat Maritim di Lamongan

LAMONGAN - Guna mendukung program vaksinasi nasional. TNI AL Koarmada II menggelar vaksinasi kepada masyarakat maritim di Kabupaten Lamongan, Rabu (14/7/2021).

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi kepada 3.000 orang, di Kecamatan Brondong, Paciran, Karanggeneng dan Laren.

Laksamana TNI Iwan Isnurwanto, mengungkapkan, alasan dipilihnya Kabupaten Lamongan sebagai target serbuan vaksinasi, karena diinilai memiliki potensi maritim yang memadai bagi masyarakatnya, terutama di sektor perikanan dan wisata bahari.

"Dengan adanya serbuan vaksinasi yang digelar di kawasan pesisir Lamongan ini, diharapkan dapat mengendalikan meluasnya penyebaran virus Covid-19. Sehingga roda perekonomian masyarakat maritim Lamongan dapat terus berputar, karena imunitas tubuh masyarakat telah terjaga oleh vaksin," ungkap perwira tinggi TNI AL ini.

Iwan menjelaskan, pembagiannya di Kecamatan Karanggeneng 500 orang, Kecamatan Laren 500 orang, dan 2 tempat di Kecamatan Brondong meliputi Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong (PPN Brondong) 600 orang dan Kantor Desa Sedayu Lawas dengan target 400 orang dan di Kecamatan Paciran 1.000 orang.

"Kami melibatkan 50 vaksinator, yang terdiri dari Stikes Hang Tuah Surabaya 30 personel, Diskes Koarmada II 17 personel, dan Lakesia TNI AL 3 personel. Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan juga menerjunkan 60 personel vaksinator, sehingga total ada 110 vaksinator dalam kegiatan ini," terangnya.

Serbuan vaksinasi kali, ujar Iwan, menggunakan vaksin Sinovac, tujuan utamanya menghindari kluster Keluarga. Dia menegaskan, meskipun sudah divaksin disiplin prokes harus tetap dilaksanakan.

Mengikuti vaksinasi adalah bagian dari ikhtiyar, dan hukummya wajib dilaksanakan. Dia berharap serbuan vaksinasi bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami ke depannya siap mendukung tugas-tugas selanjutnya, khususnya akan melakukan vaksinasi di pulau-pulau yang susah dijangkau. Dan kami akan meminta izin kepada Kepala Staf AL agar bisa menggunakan kapal sehingga bisa mensukseskan kegiatan ini. Harapannya semoga kita bisa terbebas dari wabah Covid-19," pungkasnya

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya