SUARA INDONESIA

Turunkan Angka Kecelakaan Lantas dan Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Polres Purworejo Gelar Operasi Zebra Candi 2021

Widiarto - 15 November 2021 | 15:11
TNI/Polri Turunkan Angka Kecelakaan Lantas dan Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Polres Purworejo Gelar Operasi Zebra Candi 2021

PURWOREJO – Polres Purworejo, Jawa Tengah, menggelar apel pasukan Operasi Zebra Candi 2021 dan apel dalam rangka kesiapan penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Purworejo, dihalaman Mapolres Purworejo, pada Senin (15/11/2021). Operasi Zebra Candi 2021 akan dilaksanakan 14 hari kedepan mulai Senin (15/11/2021) hingga Senin (28/11/2021).

Beberapa aturan lalu lintas akan diterapkan pada Operasi kali ini serta terkait penegakan protokol kesehatan di masyarakat.

Apel gelar pasukan dikuti oleh peleton dari Denpom Purworejo, Sat lantas, Sat Samapta, Gabungan Personil Polsek Jajaran Polres Purworejo, Satpol PP, Dishub, Senkom dan PMI Kabupaten Purworejo.

"Apel Operasi Zebra Candi 2021 Polda Jawa tengah tahun ini mengambil tema Kita tingkatkan sinergitas dan profesionalitas Polri dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar lantas menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu liintas guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lantas serta memutus mata rantai penyebaran covid 19 di wilkum Polda Jateng," kata Kasi Humas Polres Purworejo, Iptu Madrim Suryantoro, usai mengikuti apel.

Dalam Operasi Zebra Candi 2021 ini, jelasnya, lebih difokuskan untuk menyasar para pelanggar protokol kesehatan serta pembubaran segala kerumunan yang terjadi di masa pandemi Covid-19 ini. Lanjutnya operasi tidak hanya berorientasi pada penegakkan hukum lalu lintas semata, akan tetapi pelaksanaan kegiatan diarahkan pada pola premetif dan preventif berupa tindakan simpatik humanis dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada polri.

"Petugas tidak akan melakukan razia di lokasi tertentu sepanjang Operasi Zebra yang digelar, pastinya di ruas jalan-jalan protokol," katanya

Terkait kesiapsiagaan bencana, Polres Purworejo juga menggandeng instansi-instansi terkait guna membangun komunikasi yang baik dalam menghadapi bencana. Memasuki musim penghujan biasanya di Purworejo yang masuk daerah rawan bencana terjadi bencana alam yang mengganggu aktivitas warga sehingga diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antar instansi.

"Serta sebagai wujud kesiap siagaan kita (Polres Purworejo) dalam menyongsong datangnya musim penghujan, yang tentunya akan diwarnai dengan berbagai kejadian, seperti banjir maupun tanah longsor dan lain sebagainya, apel ini selain sebagai wujud kesiap siagaan adalah sebagai tanda telah terjalinnya hubungan antar Instansi dalam penanganan setiap kejadian yang terjadi diwilayah Kabupaten Purworejo," katanya.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV