SUARA INDONESIA

Dorong Kemajuan Koperasi, Pemda Keerom Gelar Pelatihan 

Mustakim Ali - 28 July 2023 | 19:07 - Dibaca 1.38k kali
Advertorial Dorong Kemajuan Koperasi, Pemda Keerom Gelar Pelatihan 
Pose bersama peserta pelatihan dengan Asisten I, Edi Y Buntan didampingi Kadis Prindakop Keerom, Rully Ririmase usai pelatihan (Foto : Mustakim/suaraindonesia.co.id)

KEEROM, suaraindonesia.co.id - Seiring dengan ketatnya persaingan ekonomi di era globalisasi saat ini, tentunya keberadaan koperasi dan usaha kecil dan menengah, dituntut untuk lebih piawai dalam menjalankan strategi usahanya secara tepat, maju dan modern, untuk bisa bersaing di pasar global, agar keberadaannya benar-benar mampu menjadi motor penggerak pembangunan perekonomian masyarakat.

“Pelatihan juga memberikan semangat, motivasi, serta dorongan kepada koperasi, agar dapat terus berbenah, memiliki kompetensi, serta profesional dan dapat menjalankan usahanya dengan cara baru melalui manajemen tata kelola koperasi yang baik menuju koperasi modern, berkualitas, tumbuh dan tangguh, sebagaimana kita harapkan bersama,” ujar Bupati Keerom Piter Gusbager yang disampaikan oleh Asisten 1, Edi Y Butan dalam penutupan pelatihan Penutupan Pelatihan Perkoperasian Dan Managemen Usaha Bagi Pengurus Dan Pengawas Koperasi di Kabupaten Keerom, Jumat sore (28/07/2023).

Bupati berharap kepada 12 unit koperasi yang sudah mengikuti pelatihan pada saat ini, dapat memberikan contoh, dengan cara melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama 3 tahun berturut-turut sebagaimana amanat undang-undang koperasi.

“Bagi pengurus koperasi agar senantiasa meningkatkan kinerjanya secara profesional dalam mengelola koperasi. Pengawas koperasi harus melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap pengelolaan koperasi," tegas Edi.

"Koperasi harus lebih maju, mandiri dan modern dengan penerapan manajemen usaha, melalui pengembangan ide ide, inovasi baru maupun pengembangan unit-unit usaha baru yang lebih menguntungkan dengan memanfaatkan ilmu yang diterima dalam pelatihan ini,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Koperasi Papua Agro Lestari, Ahmad Purwono menyampaikan apresiasi kepada Pemda Keerom yang sudah mengadakan pelatihan manajemen usaha bagi koperasi yang ada guna menambah wawasan pengawas maupun pelaksana/anggota koperasi agar lebih maju dan berkembang.

“Kita sangat bersyukur dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan ini rutin dilakukan agar koperasi-koperasi yang ada bisa berkembang menjadi koperasi maju dan moderen khususnya dari segi manajemen pengelolaan,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan pengkoperasian ini, kata dia, merupakan salah satu upaya Pemda Keerom dalam mendorong kemajuan dan perkembangan perekonomian masyarakat melalui koperasi dengan program kerja dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Keerom. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV