SUARA INDONESIA

Jelang Nataru, Sejumlah Harga Komoditas Pangan di Banyuwangi Alami Kenaikan

Muhammad Nurul Yaqin - 11 December 2020 | 18:12 - Dibaca 1.93k kali
Ekbis Jelang Nataru, Sejumlah Harga Komoditas Pangan di Banyuwangi Alami Kenaikan
Pedagang ayam potong di Pasar Blambangan Banyuwangi saat melayani pembeli, Jumat (11/12/2020).

BANYUWANGI- Harga sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional Kabupaten Banyuwangi mulai mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Beberapa komoditas yang naik tersebut diantaranya adalah ayam potong dan cabai merah.

Menurut Zuma’i salah seorang pedagang di Pasar Blambangan Banyuwangi, harga ayam potong yang sebelumnya tidak melebihi Rp 30 ribu, kini harganya mencapai Rp 32 ribu. Sementara, harga ayam kampung mencapai Rp 80 ribu. 

“Harga ayam memang mahal, ada kenaikan karena banyak permintaan, juga menjelang natal dan tahun baru," kata Zuma'i, Jumat (11/12/2020).

Pedagang lain, Samsuri menambahkan, selain harga ayam yang mengalami kenaikan, harga kebutuhan pokok seperti cabai juga merangkak naik. 

Dia menyebut, harga cabe merah kecil saat ini Rp 38 ribu, yang sebelumya Rp 35 ribu. Sementara harga cabe merah besar Rp 45 ribu.

“Kalau harga cabe itu tidak stabil, lagi pula barang ini kan tidak tahan lama, jadi mudah naik dan mudah turun," ucap Samsuri.

Meski beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, namun ada juga beberapa kebutuhan pokok lainnya yang saat ini relatif stabil. "Seperti harga tomat masih stabil Rp 10 ribu,” imbuhnya.

Kenaikan harga bahan pokok tersebut, kata dia, dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai ketersedian bahan dari dari petani, hingga permintaan dari pembeli. Bahkan ada juga bahan bumbu dapur yang mengalami penurunan harga

“Bawang merah Rp 25 ribu, ini malah turun karena stok ada, biasanya bawang merah Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu. Kalau bawang putih Rp 20 ribu harga masih stabil. Naik dan turun itu semua tergantung pasokan, kalau lancar ya harga standar, kalau tidak lancar ya harga naik,” tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV