SUARA INDONESIA

Pasca 3 Warga Cilacap Terjangkit Demam Berdarah, UPTD Puskesmas Adipala 1 Lakukan Fogging

Agus Sulistya - 15 February 2022 | 16:02 - Dibaca 2.59k kali
Ekbis Pasca 3 Warga Cilacap Terjangkit Demam Berdarah, UPTD Puskesmas Adipala 1 Lakukan Fogging
Koramil dan Puskesmas Adipala saat melakukan fogging (foto: Galih/suaraindonedia.co.id)

CILACAP - Dalam rangka memberantas nyamuk Aedes Aegypti, Pemkab Cilacap melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap terus berupaya menggencarkan kegiatan pengasapan (fogging) di Desa Adipala, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (15/2/2022).

Kegiatan pengasapan (fogging) tersebut dilakukan oleh tim nakes dari UPTD Puskesmas Adipala 1 dibantu warga sekitar dengan sasaran rumah-rumah warga. 

Babinsa Koramil 08/Adipala, Pelda Mashud Suminto saat mendampingi kegiatan fogging tersebut mengatakan, kegiatan pengasapan (fogging) tersebut dilakukan pasca adanya tiga warga yang terjangkit demam berdarah.

Diketahui, tiga warga yang terjangkit demam berdarah, satu diantaranya masih anak-anak. 

Ketiganya yakni Dwi Susanti warga Jalan Kakap RT 03 RW 02, Abdul Fakih Nurul Anwar warga Jalan Kakap RT 03 RW 02 dan Juwan Patahimi warga Jalan Gereja RT 04 RW 02 Desa Adipala.

"Kondisi mereka saat ini sudah membaik setelah dirawat di RSI Fatimah Cilacap. Kita berharap, ini tidak menular kepada warga lainnya," ucap Pelda Mashud. 

Atas kejadian tersebut dan adanya permintaan dari warga, Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas Adipala 1 kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyemprotan nyamuk demam berdarah. 

"Sasaran pengasapan (fogging) yakni rumah warga yang ada di wilayah RT 02 RW 01, RT 04 RW 02 dan RT 04 RW 03 Desa Adipala baik di halaman rumah, tempat-tempat yang menjadi genangan air, maupun tempat sampah dan taman," jelasnya. 

Menurut Pelda Mashud, untuk menekan kasus demam berdarah dengue atau DBD, cara paling efektif yakni dengan melakukan pengasapan (fogging). (Satria Galih Saputra)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV