SUARA INDONESIA

H-3 Jelang Libur Natal 2022, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Alami Peningkatan

Muhammad Nurul Yaqin - 22 December 2022 | 20:12 - Dibaca 1.87k kali
Ekbis H-3 Jelang Libur Natal 2022, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Alami Peningkatan
Suasana di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Kamis (22/12/2022) pagi. (Istimewa).

BANYUWANGI - Jumlah penumpang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, mengalami lonjakan cukup signifikan menjelang H-3 Libur Natal 2022.

Pelabuhan ASDP Ketapang mencatat hingga H-3 sudah ada 40.822 penumpang dan 10.086 unit kendaraan yang telah diseberangkan ke Pulau Bali.

"Jumlah penumpang mulai naik jelang Natal 2022," kata General Manager ASDP Ketapang, M. Yasin kepada wartawan.

Yasin menyebut, peningkatan jumlah kendaraan ini meningkat 41 persen pada momen yang sama dibanding tahun lalu. 

Sementara pihaknya memprediksi, lonjakan penumpang bisa bertambah di puncak libur Natal yang akan terjadi pada 23-24 Desember 2022.

Sehingga dalam mengantisipasi lonjakan kendaraan wisatawan ke Pulau Bali akhir pekan ini, ASDP Ketapang telah menyiapkan beberapa skenario untuk mengurangi kemacetan.

ASDP Ketapang setidaknya mempersiapkan 48 unit kapal penyeberangan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

ASDP Ketapang juga membuat skenario bongkar penuh berangkat jika kepadatan benar-benar mengalami peningkatan secara signifikan.

"Antisipasi tingginya jumlah penumpang di libur Natal dan Tahun Baru persiapan kita memadai dan siapkan beberapa buffer zone di Terminal Sritanjung agar tidak terjadi kemacetan di jalan raya," cetusnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kenaikan penumpang kapal dari Ketapang menuju Gilimanuk mulai terjadi sejak Rabu (21/12/2022) malam hingga Kamis (22/12/2022) pagi.

Kawasan parkir di dalam Pelabuhan tampak penuh sesak dengan kendaraan pribadi para wisatawan dan truk logistik.

Antrian kendaraan di dalam pelabuhan ini disebabkan tingginya volume kendaraan dari berbagai kota di Pulau Jawa menuju Pulau Bali.

Salah satu penumpang asal Jember, Era mengatakan, dirinya bersama keluarga memilih melakukan perjalanan pada malam hingga pagi hari untuk menghindari panas terik matahari.

Sementara tujuan memilih berlibur ke Bali, ia mengaku sudah menjadi tempat favorit karena destinasi wisatanya yang menakjubkan.

"Memilih ke Bali karena suasananya menyenangkan untuk berlibur, tempat wisatanya juga, ada wisata Bedugul dan Nusa Dua. Saya tiga hari liburan ke Bali, sama keluarga dan anak-anak," kata Era.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV