SUARA INDONESIA

Songkok Unik Dari Pelepah Pisang dan Anyaman Bambu Dari Jombang Diburu Pembeli 

Gono Dwi Santoso - 08 January 2023 | 22:01 - Dibaca 1.98k kali
Ekbis Songkok Unik Dari Pelepah Pisang dan Anyaman Bambu Dari Jombang Diburu Pembeli 
Suryanto (43) saat menunjukan produksi buatannya songkok dari pelepah pisang dan anyaman bambu di dusun Bebekan Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, Minggu (08/01/2023).

 

 

JOMBANG - Inovasi produk songkok dari anyaman bambu dan pelepah pisang karya Suryanto ( 43) warga dusun bebekan Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang ini , banyak di buru pembeli.

Songkok unik buatan omah debog surya ini,unik, menarik dan kreatif .Bagaimana tidak songkok yang biasa di buat dari kain bludru ini di buat dengan bahan ramah lingkungan pelepah pisang dan anyaman bambu dengan sentuhan seni sehingga songkok ini ada ciri khas tersendiri.

Ditemui saat membuat songkok anyaman pelepah pisang dan anyaman bambu, Suryanto bapak dua anak ini dibantu istrinya sedang sibuk membuat songkok inovasi terbarunya ditangan terampilnya pelepah pisang yang dianggap sebelah mata bisa menghasilkan uang.

Suryanto membuat inovasi songkok dari kombinasi anyaman bambu dan pelepah pisang ini sejak awal tahun 2023 dalam rangka sambut bulan suci Ramadan jadi sekarang mulai produksi songkok ramah lingkungan.

" Dalam sehari Suryanto bersama Istri mampu membuat songkok yang di kerjakan secara handmade ini sekitar 10 songkok. Itupun kalau cuaca cerah tidak hujan ," terangnya, Minggu (08/01/2023).

Suryanto mengatakan untuk membuat songkok ini butuh ketelatenan dan sentuhan seni sehingga menghasilkan songkok yang berkualitas dan untuk songkok buatanya dijual dikisaran mulia Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu kalau harga reseller mulai Rp 45 ribu sampai Rp 55 ribu.

" Permintaan songkok buatanya ini meningkat, sejak awal bulan Januari ini. Sekarang membuat inovasi songkok dengan bahan ramah lingkungan dengan bahan gedebok pisang dan anyaman bambu, " tambahnya.

Suryanto mengatakan pelanggan songkok dari Surabaya, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Pasuruan,Malang , Blitar, Tulungagung, Probolinggo,Kediri, Jember, Madiun, Gresik, Lamongan dan paling jauh Bandung Jawa Barat .

Meskipun banyak order pesanan songkok buatannya,Suryanto tetap menjaga kualitas dan mutu bahan baku. Sehingga hasil produknya hasilnya berkualitas dengan motif dan corak yang banyak di buru pembeli. 

" Bahan dari pelepah pisang pilihan dan anyaman bambu dengan beberapa variasi dan motif sehingga hasil songkok buatannya sangat unik dan bervariasi, " pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV