SUARA INDONESIA

IRPS Gandeng 3D Zaiku Pecahkan Rekor Miniatur Lokomotif Print Tiga Dimensi Terbesar

Ambang Hari Laksono - 07 June 2023 | 14:06 - Dibaca 1.09k kali
Ekbis IRPS Gandeng 3D Zaiku Pecahkan Rekor Miniatur Lokomotif Print Tiga Dimensi Terbesar
Direktur Utama 3D Zaiku (Kanan), James Ma, bersama EVP KAI Daop 4 (Kiri), Wisnu Pramudya, saat kick off kegiatan pemecahan rekor muri di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Rabu (7/6). (Foto : AmbangHL/SuaraIndonesia)

SEMARANG - Distributor printer 3D se-Indonesia, 3D Zaiku membuat gebrakan baru dengan menjadi sponsorship dalam kegiatan pemecahan Rekor MURI kategori miniatur Lokomotif print 3D yang digelar oleh komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Rabu, (7/6) pagi.

Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung selama 14 hari non-stop pada tanggal 7-21 Juni 2023 yang juga akan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Direktur Utama 3D Zaiku, James Ma mengungkapkan bahwa dirinya turut merasa senang dapat berkolaborasi dengan komunitas IRPS serta PT KAI dalam ambisi pemecahan rekor ini.

“Kita pastinya senang dan bangga bisa terlibat dalam kegiatan ini. Tentunya kita juga akan berusaha memberikan yang terbaik untuk dapat berkontribusi banyak dalam pagelaran ini,” ungkapnya kepada media.

Dirinya melanjutkan bahwa team 3D Zaiku menyediakan 35 Unit alat print 3D yang digunakan sebagai pencetak miniatur lokomotif uap DD52 di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

“Miniatur lokomotif terbesar ini akan dicetak menggunakan 35 mesin cetak tridimensi (printer 3D) dan menghabiskan setidaknya 170 kg material filamen plastik, ABS, dan resin yang juga didukung penuh oleh 3D Zaiku Indonesia sebagai salah satu pelopor yang menghadirkan teknologi cetak tridimensi di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut ketua umum IRPS, Ricki Dirjo mengungkapkan bahwa lokomotif ini dihadirkan dalam bentuk miniatur yang dibuat dengan teknologi kekinian yaitu menggunakan teknologi printer 3 dimensi. 

“Miniatur lokomotif skala 1:4 ini memiliki dimensi mencapai panjang 6 meter, sehingga KAI dan IRPS cukup percaya diri untuk mencatatkan miniatur lokomotif uap ini di Museum Rekor-Dunia Indonesia sebagai miniatur lokomotif terbesar di Indonesia,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV