SUARA INDONESIA

Peluang Tergeser, Erick Thohir Ajak Santri Perkuat Industri Halal Indonesia

Redaksi - 14 July 2023 | 11:07 - Dibaca 963 kali
Ekbis Peluang Tergeser, Erick Thohir Ajak Santri Perkuat Industri Halal Indonesia
Menteri BUMN juga selaku Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir. (Foto: Suara.com, mendia jejaring Suaraindonesia.co.id).

PALEMBANG, Suaraindonesia.co.id - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir mengajak kalangan pondok pesantren dan para santri memperkuat Industri Halal Indonesia. Penguatan Industri Halal Indonesia saat ini l, tengah berada dalam momentum yang paling tepat. 

Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Diungkapkan Erick Thohir, momentum itu segera hilang, karena pada 2045 posisi Indonesia akan digeser Pakistan sebagai negara dengan jumlah Muslim terbanyak di dunia.

Kemudian, pada tahun 2050 negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia akan berpindah ke Nigeria. 

"Jadi ini momentum saat ini. Kalau bicara industri halal, Indonesia tidak masuk 10 besar dunia. Karena kita bangsa yang konsumtif, bukan produktif. Lihat saja contohnya umroh dan haji, ada aksesoris dari Thailand atau peci dari China. Jadi ada yang salah, harus kita perbaiki bersama-sama," ungkapnya saat berkunjung ke Pesantren Aulia Cendekia, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/07/2023). 

Erick mengingatkan bahwa penguatan Industri Halal merupakan salah satu solusi bagi Indonesia dalam menciptakan lapangan kerja baru. Industri Halal yang kuat bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Artinya, kalau nyari kerja harus ada ekonomi, industri, dan pemberi kerja. Yang sekarang yang masih tertinggal adalah Industri Halal," kata lagi, kepada para Santri Pondok Pesantren Aulia Cendekia.

Erick Thohir mengajak untuk tidak mengeluh atas ketertinggalan umat Muslim Indonesia mengangkat Industri Halal saat ini. Para santri, sebaiknya memiliki komitmen untuk terus berkembang dan menolak hanya menjadi penonton, sehingga bisa mengambil alih produksi.

"Jangan mengeluh, kalian adalah masa depan bangsa. Dengan kerendahan hati, kami semakin tua, regenerasi harus terjadi. Apapun cita-cita nya teruskan dan buktikan," katanya.

Untuk membantu para santri mempersiapkan diri berkarir di tengah masyarakat, Erick mengabarkan adanya program khusus bagi para santri yang ingin magang di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Programnya adalah BUMN Santri Magang. 

"Ada program santri magang. Jadi adik-adik yang ingin magang di BUMN, kita beri kesempatan, agar bisa adaptasi di kehidupan masyarakat," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV