SUARA INDONESIA

Disnakertrans dan BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Pembinaan P3MI

Yuni Amalia - 16 August 2023 | 21:08 - Dibaca 1.02k kali
Ekbis Disnakertrans dan BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Pembinaan P3MI
Teks Foto: Penyerahan simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan pada PMI di acara Pembinaan P3MI Surabaya, Rabu (16/8/2023).

SURABAYA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur bersama BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Surabaya Karimunjawa melakukan pembinaan pada Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) di Hotel Alana Surabaya, Rabu (16/8/2023).

Kegiatan ini dihadiri Perwakilan Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja serta Kepala UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Provinsi Jawa Timur, juga Kepala BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa Adventus Edison Souhuwat.

Sejumlah Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) di Kota Surabaya hadir mengikuti kegiatan ini, diantaranya PT Indokarsa Gunabuana, PT Intersolusi Indonesia, dan PT Putra Duta Pembangunan. 

Dalam kegiatan ini dilakukan pula penyerahan simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada Fendy Setiawan selaku Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan berangkat ke tempat penempatan kerja di Jepang.

Dalam kegiatan ini Disnakertrans Jawa Timur dan BPJS Ketenagakerjaan mensosialisasikan tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang wajib diberikan pada Pekerja Migran Indonesia sebelum berangkat hingga kembali ke tanah air.

Ditegaskan, dalam regulasinya mengenai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Pemerintah telah mengesahkan Permenaker 4 tahun 2023 tentang Jaminan Sosial Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Undang-Undang tersebut menjadi bentuk kehadiran negara dalam memperbaiki tata kelola untuk pekerja migran yang lebih baik, baik bagi pekerja migran maupun keluarganya, mulai dari sebelum, saat bekerja, sampai kembali ke Tanah Air," terang Sonny - panggilan akrab Adventus Edison Souhuwat.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV