SUARA INDONESIA

Tak Hanya Jakarta-Sumenep, Pemkab Juga Sediakan Mudik Gratis Rute Kepulauan

Wildan Mukhlishah Sy - 22 March 2024 | 11:03 - Dibaca 514 kali
Ekbis Tak Hanya Jakarta-Sumenep, Pemkab Juga Sediakan Mudik Gratis Rute Kepulauan
Kapal yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang mudik gratis rute kepulauan. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, rupanya tak hanya menyediakan program mudik gratis untuk jurusan Jakarta-Sumenep. Akan tetapi, juga bagi masyarakatnya yang ingin pulang kampung ke wilayah kepulauan.

Setidaknya ada lebih dari 10 ribu kuota penumpang yang disediakan dalam program mudik gratis rute kepulauan di lebaran kali ini. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, Yayak Nur Wahyudi menjelaskan, sejatinya hal tersebut telah menjadi program rutin yang digagas oleh Pemkab Sumenep setiap liburan, khususnya untuk momen lebaran Idul Fitri. 

"Ini sudah menjadi agenda rutin yang dihadirkan oleh Pemkab Sumenep untuk masyarakat di kepulauan," katanya. 

Lebih dari itu, pria yang akrab disapa Yayak tersebut mengungkapkan, mudik gratis rute itu juga sebagai bentuk kepedulian Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, dalam meringankan beban ongkos, bagi warganya untuk mengurangi beban biaya ongkos mudik bagi warga kepulauan. 

Untuk itu, dirinya ingin masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan dengan baik, serta tidak lupa memperhatikan syarat dan ketentuan, terkait pelayanan yang diberikan oleh Pemkab Sumenep tersebut. 

Syarat yang harus dimiliki oleh calon peserta mudik gratis, juga cukup mudah. Yakni, hanya perlu membawa dan menunjukkan identitas diri sebagai warga asli Sumenep. 

“Kita fasilitasi dengan baik, kita berharap warga Sumenep bisa memanfaatkan program ini dengan maksimal,” harap dia, Jumat (22/3/2024).

Secara terpisah, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo berharap penyelenggaraan program tersebut, dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang serius. 

Selanjutnya, ia juga menyampaikan pesannya kepada para peserta mudik gratis, agar senantiasa menjaga kesehatan dan tetap berhati-hati selama di perjalanan. 

"Semoga semuanya lancar dan masyarakat bisa menikmati momen lebaran sambil berkumpul bersama keluarganya masing-masing," tutupnya. 

Berikut, suaraindonesia.co.id juga telah menghimpun informasi jadwal keberangkatan mudik gratis rute kepulauan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sumenep. 

•Pemkab Sumenep 28,31 Maret, 2,3,5,7 April 2024, 6 trip 3.000 penumpang rute Kalianget - Kangean.

•Pemkab Sumenep 26, 30 Maret, 2 trip, 1.000 penumpang rute Kalianget - Masalembu.

•Pemkab Sumenep 3, 5, 7, 9 April, 4 trip 1.000 penumpang Kalianget - Raas. 

•Pemkab Sumenep 1, 4, 6, 8 April, 4 trip, 1.000 penumpang rute Kalianget - Sapudi. 

•Pemkab Sumenep 28 Maret, 2 April, 2 trip 1.000 penumpang rute Kalianget - Sapeken.

•Pemkab Sumenep 23, 27 Maret, 2 trip, 1.000 penumpang rute Tanjung Wangi - Sapeken.

•Pemkab Sumenep 3, 5, 7, 9 April, 4 trip, 1.000 penumpang rute Jangkar - Sapudi. 

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV