SUARA INDONESIA

Warga Antre Tukar Uang Rupiah Pecahan Baru di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 01 April 2024 | 16:04 - Dibaca 1.37k kali
Ekbis Warga Antre Tukar Uang Rupiah Pecahan Baru di Banyuwangi
Warga menunjukkan uang pecahan baru yang sudah ditukarnya di depan pintu masuk Pelabuhan Ketapang, Senin (1/4/2024). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jember membuka layanan penukaran uang pecahan baru di Banyuwangi, Jawa Timur.

Layanan tersebut berpusat di depan pintu masuk Pelabuhan Ketapang, Senin (1/4/2024). Puluhan warga terlihat mengantre untuk uang pecahan yang nantinya akan digunakan saat Idul Fitri.

Layanan penukaran uang dilayani oleh mobil minibus yang sudah dimodifikasi. Layanan dibuka pukul 13.00 WIB. Sementara puluhan warga sudah datang sejak lebih dari sejam sebelumnya.

Dina (26), warga Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi menjadi orang pertama yang bisa menukarkan uang. Ia menukar uang Rp 3 juta untuk pecahan masing-masing Rp 1 ribu, 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, dan 20 ribu.

"Harus ikut war di website dulu dua hari lalu. Dan itu cepat sekali habis. Hanya lima menit setelah muncul di website, kuota sudah habis. Untung saya dapat," kata Dina.

Antusias warga untuk mendapat uang baru tergolong tinggi. Bukitnya, beberapa dari mereka yang datang ke lokasi penukaran uang berasal dari kecamatan yang jaraknya puluhan kilometer (km).

Maya salah satunya. Warga Kecamatan Cluring itu sengaja datang ke Ketapang untuk menukar uang pecahan kecil senilai total Rp 2,5 juta.

"Kalau di sini dapatnya baru. Kalau di bank kan adanya uang layak edar. Sudah jadi kebiasaan tukar uang baru untuk angpao keponakan dan saudara-saudara," katanya.

Senada dengan Dina, Maya juga harus ikut war di website Pintar BI. Ia harus bersiaga di depan laptop agar tak kehabisan kuota.

Tak semua warga yang menunggu datangnya mobil BI bisa menukarkan uang. Banyak dari warga yang tak ikut masuk kuota turut datang dengan harapan bisa menukar uang.

Anida, warga Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri harus gigit jari. Ia tak bisa menukar karena kehabisan kuota saat Mendaftar melalui website.

Untuk penukaran uang baru di Banyuwangi, BI Cabang Jember menyediakan kuota untuk 100 orang penukar.

"Kuotanya satu orang maksimal 4 juta," kata seorang petugas di lokasi penukaran uang. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV