SUARA INDONESIA

Ratusan Masyarakat Umum dan Anak SD di Cilacap Terima Vaksin Dari Binda Jateng

Agus Sulistya - 02 February 2022 | 18:02 - Dibaca 504 kali
Kesehatan Ratusan Masyarakat Umum dan Anak SD di Cilacap Terima Vaksin Dari Binda Jateng
Suasana vaksin yang dilakukan oleh Binda Jateng (foto: Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Ratusan masyarakat umum dan anak SD usia 6-11 tahun di wilayah Kecamatan Maos menerima vaksin Covid-19 dosis 1, 2 dan 3 atau dikenal dengan sebutan vaksin Booster dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Maos, Trias Handayani saat dikonfirmasi mengatakan, dalam kegiatan  vaksinasi kali ini pihaknya bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng. 

Disampaikannya bahwa dalam vaksinasi kali ini, dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng menyiapkan sekitar 700 dosis vaksin. 

"Kami memberikan vaksin dosis 1 untuk masyarakat umum usia 18 tahun keatas yang belum sama sekali menerima vaksin dan dosis ke 2 untuk anak SD usia 6-11 tahun," ungkapnya, di Aula Boedi Oetomo 3 Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (2/2/2022). 

Sementara itu, untuk vaksin dosis ke 3 atau Booster, kata dia, diberikan untuk masyarakat baik umum, tenaga pendidik, perangkat Desa maupun Lansia yang ada di Kecamatan Maos. 

"Untuk vaksin dosis 1 tidak terlalu banyak karena sudah cukup tinggi dan hari ini hanya 25 dosis, sedangkan dosis ke 2 dan ke 3 sebanyak 675 dosis," ucap Trias. 

Lebih lanjut, dijelaskannya, pihaknya menggunakan vaksin jenis sinovac dan astrazeneca untuk vaksin dosis 1 dan ke 2. 

"Sedangkan vaksin dosis ke 3 kami menggunakan vaksin jenis freezer yang dikhususkan untuk Lansia," imbuhnya. 

Dalam serbuan vaksinasi tersebut, melibatkan tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Maos sebagai petugas vaksinator. 

Ia berharap warga masyarakat untuk menyadari pentingnya mengikuti vaksin di masa pandemi Covid-19, terutama dengan adanya virus varian baru omicron saat ini yang perlu untuk diwaspadai. 

"Dengan vaksin, dapat mencegah penularan virus Covid-19 dan bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis 1 dan 2, terutama para Lansia dan pelayan publik agar mengikuti vaksin dosis ke 3 agar lebih kebal," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau warga masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan meskipun sudah divaksin. 

"Seperti kita ketahui di Kabupaten Cilacap sudah ada lagi yang terkonfirmasi positif Covid, sehingga diharapkan masyarakat untuk tetap menerapkan 5M dimanapun berada dan dalam setiap kegiatan," pungkasnya. (Satria Galih Saputra)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV