SUARA INDONESIA

Cegah DBD, Petugas Puskesmas Lakukan Fogging, Diapresiasi Wakil Rakyat

Ahmad Zainul Hamdi - 27 January 2023 | 20:01 - Dibaca 1.06k kali
Kesehatan Cegah DBD, Petugas Puskesmas Lakukan Fogging, Diapresiasi Wakil Rakyat
Petugas saat melakukan fogging di salah satu rumah warga. (Achmad Fuad/suaraindonesia.co.id).

LUMAJANG - Puskesmas Pasirian melakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah demam berdarah di Dusun Joho, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan fogging tersebut mendapat apresiasi oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman.

Menurutnya, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Inilah langkah yang patut ditiru. 

"Jangan sampai setelah ada kasus DBD baru kita bereaksi melakukan fogging," katanya kepada wartawan.

Politisi PDIP ini juga sangat berterimakasih kepada Aparat Penegak Hukum (APH) dan Petugas Penjaga Keamanan (TNI) dalam mendampingi petugas Puskesmas melakukan fogging.

Dalam kegiatan tersebut, petugas dari Puskesmas didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Pasirian, Aipda Luqman Santoso bersama Babinsa Koramil Pasirian, Serka Nanang yang turut membantu penyemprotan fogging ke pemukiman warga tersebut.

Kapolsek Pasirian, AKP Agus Sugiharto mengatakan, fogging dilakukan untuk pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD), karena saat ini curah hujan cukup tinggi.

"Kegiatan fogging merupakan tindakan preventif untuk cegah menyebarnya penyakit demam berdarah di lingkungan masyarakat," ungkapnya.

Untuk pencegahan, agar warga tidak kembali terdampak DBD, AKP Agus Sugiharto mengatakan, Bhabinkamtibmas bersama pemerintah desa Pasirian kemudian berkoordinasi dengan puskesmas untuk melakukan fogging di pemukiman warga.

“Tidak hanya fogging, Bhabinkamtibmas bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) Pasirian juga mensosialisasikan cara pencegahan DBD kepada masyarakat," jelasnya.

Warga diimbau untuk sadar kebersihan lingkungan, seperti membersihkan tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan menutup penampungan air.

"Kami menghimbau agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama selalu membersihkan bak air di kamar mandi, menimbun barang bekas atau sampah plastik maupun kaleng yang dapat menampung air hujan, sehingga tidak dapat digunakan untuk sarang nyamuk," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius ketika ditanya soal DBD belum memberikan keterangannya kepada awak media ini.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ahmad Zainul Hamdi
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV