SUARA INDONESIA

Perdana, Bapena PPNI Jatim Gelar Workshop Kebencanaan

Imam Hairon - 29 May 2023 | 13:05 - Dibaca 1.70k kali
Kesehatan Perdana, Bapena PPNI Jatim Gelar Workshop Kebencanaan
Ketua DPW PPNI Jatim Prof Nursalam dan Ketua Bapena DPP Atik Surya Mediawati saat berpose bersama sejumlah pengurus Bapena Kabupaten/Kota se- Jawa Timur usai workshop (Foto: Istimewa)

SURABAYA - Badan Penanggulangan Bencana Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Timur (Bapena DPW PPNI Jatim) mengadakan workshop se-Jawa Timur, di Graha DPW PPNI Jatim, Minggu (28/05/2023).

Adapun yang hadir sebagai nara sumber, Ketua Bapena DPP PPNI Pusat Atik Surya Mediawati dan Ketua DPW PPNI Jatim Prof. Nursalam, berikut pengurus dan perwakilan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur sebagai peserta.

Workshop dan rapat koordinasi ini, adalah sejarah perdana di Indonesia, sebagai penanda keseriusan dan kepedulian PPNI untuk mengantisipasi datangnya bencana.

"Menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapena Jatim. Ini adalah workshop dan rapat koordinasi perdana di Indonesia," terang Ketua Bapena DPP PPNI Pusat Atik Surya Mediawati dalam sambutannya.

Menurut Atik, apa yang dilakukan oleh Bapena DPW PPNI Jatim bisa dijadikan contoh oleh wilayah lain di Indonesia.

"Harapannya bisa diteruskan dan bisa ditiru oleh Bapena provinsi lainnya," papar Atik.

Selain itu, kata Atik, kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak juga mutlak diperlukan.

"Khususnya dengan pemerintah dalam hal ini BPBD dan Pusat Krisis Kesehatan ini menjadi sangat penting dilakukan oleh personil Bapena dalam melaksanakan aksi kemanusiaan dan kebencanaan," sambungnya.

Ketua DPW PPNI Jatim, Prof Nursalam dalam paparannya menyampaikan, bahwa PPNI adalah organisasi yang hampir merata di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, dikatakannya, sudah menjadi kewajiban untuk memiliki kepekaan dan kepedulian di bidang kebencanaan.

"Program kerja Bapena disusun sebaik mungkin sehingga PPNI mampu dan bisa berkontribusi nyata," ujarnya.

Guru Besar Ilmu Keperawatan Universitas Airlangga ini mencontohkan, salah satu yang bisa dilakukan, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang rawan bencana.

"Bisa juga melakukan pelatihan BLS bagi relawan. Sehingga Bapena PPNI benar-benar mewakili peran dalam pencegahan dan penanggulangan bencana," tutupnya.

Sementara Ketua Bapena DPW PPNI Jatim, Asrah Joyo Widono saat dikonfirmasi usai kegiatan mengaku bersyukur atas terselenggaranya acara itu.

"Terimakasih kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini. Ke depan, Bapena Jatim akan terus melakukan inovasi bagaimana PPNI bisa bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkas Asrah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV