SUARA INDONESIA

Ragam Obat Batuk Alami, dari Jeruk Nipis hingga Nanas

Redaksi - 24 October 2023 | 07:10 - Dibaca 1.88k kali
Kesehatan Ragam Obat Batuk Alami, dari Jeruk Nipis hingga Nanas
ilustrasi batuk (foto: pexels.com)

KESEHATAN, Suaraindonesia.co.id - Batuk menjadi penyakit yang kerap menyerang saat musim kemarau. Bahkan, sebagian penderita batuk tak kunjung sembuh, ada yang sampai sebulan lamanya. 

Fenomena ini memang kerap ditemui saat musim kemarau. Sebab, kelembapan udara yang rendah menyebabkan virus lebih lama berterbangan di udara.

Batuk berkepanjangan tentunya  mengganggu produktivitas.  Salah satu cara meringankannya dengan meminum obat batuk alami atau resep dokter. 

Selain obat batuk yang beredar di pasaran, terdapat banyak obat batuk alami. Efektivitasnya tak kalah dibandingkan berbagai obat  kimia. Bahkan, lebih aman dikonsumsi.

Berikut obat batuk alami yang bisa ditemui di sekitar anda:

1. Jeruk nipis

Dari nenek moyang kita, jeruk nipis dikenal sebagai bahan alami guna mengatasi batuk. Pengobatan tradisional yang banyak diterapkan masyarakat pedesaan adalah air jeruk nipis dan kecap. 

Benarkah, jeruk nipis dan kecap dapat  menyembuhkan batuk? Mengutip jurnal dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya berjudul 'Effect Of Mixed Water Lime And Soy Sauce In The Healing Cough Of Toddler', campuran kedua air jeruk nipis dan kecap memang dapat meredakan batuk. 

Sebab, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat mengencerkan dahak sehingga batuk bisa membaik.

Tak hanya bagi orang dewasa, campuran ini juga bisa diterapkan untuk anak. Namun, pengobatan alami ini tidak disarankan bagi anak berusia kurang dari satu tahun.

2. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengatasi batuk. Kandungannya dapat mengobati kondisi batuk akibat infeksi pada saluran pernapasan atas.

Madu juga mampu menekan batuk dan mengurangi kebutuhan antibiotik.

Mengutip jurnal di BMJ Journal, judulnya'Effectiveness of honey for symptomatic relief in upper respiratory tract infections: a systematic review and meta-analysis', madu sangat efektif dalam mengatasi batuk akibat infeksi saluran pernapasan atas.

Bahkan, penelitian tersebut menyatakan, jika madu memiliki manfaat yang  lebih baik dalam mengatasi batuk dibanding penggunaan obat-obatan lainnya.

Anda cuma perlu menelan satu sendok madu secara langsung. Bisa juga  menambahkan madu ke minuman panas, seperti teh herbal. Campuran madu dan teh  bisa memberikan manfaat yang baik pada tenggorokan.

3. Jahe

Jahe merupakan rempah yang memiliki sifat antiinflamasi. Sifat yang membantu anda untuk meredakan batuk secara alami.

Dikutip dari jurnal Chronic Respiratory Disease, peneliti yang membandingkan sepuluh bahan alami termasuk jahe untuk pengobatan alami. Kesimpulannya,  jahe merupakan solusi alami dalam mengatasi batuk.

4. Kumur dengan air garam

Air garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Bukan untuk diminum, air garam dimanfaatkan untuk berkumur. Metode ini bisa meringankan sakit tenggorokan serta berbagai gejalanya. Larutan air garam ini juga mengeluarkan lendir atau dahak yang bertumpuk di tenggorokan.

Cara membuat air garam:

Ambil setengah sendok teh garam, tuangkan ke  secangkir air hangat hingga larut.

Biarkan air agak dingin terlebih dulu, setelah itu gunakan untuk berkumur.

Diamkan sejenak cairan tersebut di belakang tenggorokan sebelum dikeluarkan.

Lakukan beberapa kali hingga batuk membaik.

Sebaiknya tak dilakukan oleh anak kecil serta seseorang yang dengan riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

Alternatif lainnya yakni berkumur dengan obat antiseptik untuk mengatasi virus atau bakteri di tenggorokan kita. 

5. Daun thyme

Daun thyme atau daun timi juga bisa menjadi obat batu alami berkat khasiatnya. Tanaman alami juga terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit pernapasan.

Ada penelitian yang menyebutkan ekstrak thyme mampu mengurangi batuk kronis. Hal ini berkat kandungan senyawa flavonoid di dalamnya yang mampu mengendurkan otot tenggorokan.

Selain itu, penggunaan bahan alami ini juga tidak memicu efek samping apapun pada kesehatan. Kamu bisa membuat teh dengan campuran daun thyme atau mencampurkan daun ini ke dalam masakan.

6. Nanas

Bromelain merupakan enzim yang berasal dari nanas. Bromelain  memiliki sifat anti-inflamasi dari sifat mukolitik. Kedua sifat tersebut bisa memecah lendir serta mengeluarkannya dari tubuh.

Beberapa orang minum jus nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk. Namun, kamu bisa meminum suplemen bromlain agar lebih praktis. 

7. Kunyit

Kunyit merupakan obat batuk alami yang berguna bagi orang dewasa. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan batuk.

Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam air perasan bisa juga bubuk. Untuk air perasan kunyit, anda  tambahkan air hangat serta madu. Anda dapat juga mengonsumsi bubuk kunyit yang dicampurkan pada susu hangat.

8. Daun peppermint

Daun peppermint merupakan menjadi obat alami batuk. Anda dapat mencampurkan daun peppermint dengan teh hangat. Namun,  mengonsumsinya harus rutin, sehingga bisa optimal dalam  meredakan batuk.

9. Yoghurt

Cobalah mengonsumsi yoghurt jika batuk yang anda alami tidak kunjung membaik. Yoghurt memiliki kandungan prebiotik yang dapat mengoptimalkan sistem imun tubuh. Ketika imun tubuh lebih kuat,  batuk akan  cepat membaik.

10. Air hangat

Batuk yang membandel dapat diatasi dengan  meminum air hangat yang dapat  mengencerkan dahak sehingga meredakan batuk.

Susu atau teh hangat bisa jadi alternatif, bisa juga dicampur  madu atau bahan alami lain.

11. Teh camomile

Teh herbal, seperti teh camomile juga dapat meringankan batuk, sebab mengandung flavonoid. Saat batuk atau sakit tenggorokan, meminum teh camomile dapat membantu mengatasi peradangan pada tenggorokan. 

sumber: halodoc.com



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV