SUARA INDONESIA

Menu Makanan yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Idul Adha

Wildan Mukhlishah Sy - 30 June 2023 | 12:06 - Dibaca 1.79k kali
Kuliner Menu Makanan yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Idul Adha
Sate yang menjadi salah satu menu favorit saat Idul Adha, (Foto: Suara.com).

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Momentum Hari Raya Idul Adha, tentunya belum lengkap jika tidak dirayakan dengan menyantap masakan dengan bahan dasar daging kurban bersama keluarga. 

Selain sebagai pelengkap perayaan Idul Adha, kegiatan makan bersama juga akan menjadi wadah untuk mempererat hubungan kekeluargaan. Karena bisa sembari mengobrol dan saling menceritakan berbagai hal yang telah dialami selama di meja makan. 

Untuk itu, berikut Suaraindonesia.co.id, akan menghimpun beberapa menu makanan, yang tidak boleh terlewatkan untuk dicoba, saat bersilaturrahmi atau merayakan Hari Raya Idul Adha. 

1. Gulai Kambing / Sapi

Gulai merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia dari Sumatra Barat. Bahan baku gulai bermacam-macam diantaranya daging kambing ataupun sapi. 

Daging tersebut kemudian diolah dengan kuah rempah-rempah dan santan dan kunyit yang membuat warnanya menjadi kuning seperti kari.

2. Sate Kambing

Sate Kambing, merupakan salah satu olahan sate yang berbahan dasar kambing. Biasanya daging kambing dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar dengan bumbu yang telah disiapkan.

Setelah sate kambing matang sempurna ia disajikan dengan bumbu kacang, serta sepiring nasi. Jika ingin lebih nikmat biasanya ditambah juga dengan gulai kambing.

3. Bistik Daging Sapi

Bistik daging sapi merupakan salah satu olahan daging sapi asli Solo yang cukup lezat dan mudah dibuat. Cita rasanya yang dominan gurih dan manis, membuat banyak orang memburu makanan ini saat Idul Adha. 

Bumbu bistik daging sapi diolah dengan berbagai rempah-rempah yang dipadukan dengan kecap serta aneka saos, seperti saos tomat, saos tiram maupun saos sambal. 

4. Rawon

Rawon merupakan masakan tradisional Indonesia dari Ponorogo, yang berbentuk sup berwarna hitam yang berasal dari kluwek serta rempah-rempah lain sehingga menciptakan cita rasa unik.

Untuk isiannya, rawon biasa menggunakan daging sapi yang diiris kecil-kecil dan sudah dimasak lama, sehingga tekstur daging cukup lembut dan mudah untuk dinikmati.

5. Krengsengan

Krengsengan merupakan masakan yang sering dijumpai di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta. Santapan ini terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil.

Sementara, untuk bumbunya terdiri dari tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica dan pala yang telah dihaluskan lalu ditambah dengan kecap yang membuat krengsengan tidak memiliki banyak kuah.

Itulah lima menu yang tak boleh ketinggalan saat momen Idul Adha yang identik dengan berbagi daging dari pemotongan hewan qurban. Namun, harus dipastikan, bahwa anda jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan, karena khawatir nantinya akan berpengaruh pada peningkatan kadar kolesterol. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV