SUARA INDONESIA

Papua Pegunungan Sukses Rebut Medali Emas Pertama dari Cabor Dayung di Ajang PON XXI

Otinus Erwin Y - 04 September 2024 | 13:09 - Dibaca 1.44k kali
Olahraga Papua Pegunungan Sukses Rebut Medali Emas Pertama dari Cabor Dayung di Ajang PON XXI
Pj Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai, bersama Pengurus KONI saat foto bersama. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, WAMENA- Dari semua cabor di PON XXI Aceh-Sumut, Papua Pegunungan menjadi yang pertama merebut medali emas dari cabor dayung atas nama atlet Stevani Maysche Ibo.

Wanita asal Sentani Kabupaten Jayapura yang akrab disapa Enggo Stevani itu, sukses menjadi yang pertama menyumbang satu medali emas untuk Provinsi Papua Pegunungan, dengan jarak 1.000 meter.

Pelatih Kepala Cabor Dayung Papua Pegunungan, Albert Hizage mengatakan, pencapain ini menjadi sesuatu yang luar biasa bagi Papua Pegunungan yang baru pertama kali ikut serta dalam PON XXI di Aceh-Sumut.

“Tentu kami sangat senang dan bangga sekali bisa rebut medali emas. Padahal kami baru pertama ikut PON. Tuhan baik,” ucap Albert Hizage saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (4/9/2024) siang.

Kata Albert, setelah jarak 1000 meter, Stevani Ibo akan melangkah lagi ke tahapan berikutnya. Oleh karena itu, diharapkan dukungan doa dari seluruh masyarakat Papua Pegunungan.

“Atlet kamı Stevani Ibo akan bertanding lagi di jarak 500 meter, dan tentu kamı harap Stevani bisa memberikan yang terbaik lagi untuk Papua Pegunungan. Kamı juga memohon dukungan doa dari Papua Pegunungan, agar proses persiapan hingga sampai pertandingannya berjalan baik,” harap Albert.

Tak lupa, Albert menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan yang selalu mendukung dari awal hingga sampai saat ini.

“Dengan adanya dukungan yang baik dari pemerintah tentu memberikan semangat bagi kami, khususnya atlet kami Stevani Ibo, sehingga bisa sampai ke titik ini. Semoga dengan semangat yang sama bisa memberikan hasil yang baik juga di tahap berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, pada momen kegiatan Launching TC PON XXl 2024 Papua Pegunungan, di halaman kantor gubernur, Kamis 4 April 2024 lalu, Enggo Setevani mengaku siap mengharumkan nama Papua Pegunungan. Dan hal itu berhasi dibuktikannya dengan meraih satu medali emas pertama untuk Papua Pegunungan.

"Tentunya saya akan berupaya sebaik mungkin untuk mengharumkan nama baik Provinsi Papua Pegunungan pada PON Aceh, khususnya untuk cabor dayung," ucap Stevani Ibo.

Sebagai informasi, Enggo Stevani asal Sentani ini sudah cukup bergelimang prestasi. Stevani merupakan jebolan PPLP Papua yang mulai bergabung sejak 2013. Sejak pertama kali tampil di kejuaraan bergengsi, tepatnya Pra PON di Palembang tahun 2015, dia turut mempersembahkan empat medali emas. Selanjutnya, di PON XIX Jawa Barat tahun 2016, Stevani kembali menyumbangkan dua medali emas.

Tak hanya di ajang PON, Stevani juga sukses mendulang medali kejuaraan nasional di Palembang tahun 2017 dengan membawa pulang satu medali emas nomor kayak-1 putri 500 meter dan 1 perak nomor kayak-2 putri 500 meter.

Stevani merupakan atlet unggulan Indonesia dan tergabung di skuad Pelatnas sejak tahun 2015. Prestasinya juga terbilang moncer di level internasional.

Di Asian Games 2018, dia ikut menyumbangkan medali perak di nomor TBR Putri 500 meter. Lalu di Asian Canoe Sprint Championship Thailand 2019, ia menyabet dua medali emas dari nomor kayak-1 putri 500 meter dan 200 meter. Di ajang SEA Games Filipina 2019, Vani lagi-lagi ikut menyumbangkan 2 medali emas dan 2 perak di nomor dragon boat.

Di ajang PON XX yang berlangsung di rumah sendiri yakni Papua, Stevani memenuhi janjinya dengan menyabet dua medali emas yang ia targetkan sebelum PON XX digelar. Untuk PON XXI Aceh-Sumut kali ini, Stevani membela Provinsi Papua Pegunungan, dan ia menjadi yang pertama menyumbang medali emas untuk Papua Pegunungan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Otinus Erwin Y
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV