SUARA INDONESIA

Perpustakaan UIN KHAS Jember Digitalisasi Alkitab Berusia Hampir Satu Abad

Wildan Mukhlishah Sy - 23 May 2022 | 08:05 - Dibaca 967 kali
Pendidikan Perpustakaan UIN KHAS Jember Digitalisasi Alkitab Berusia Hampir Satu Abad
Proses digitalisasi Alkitab berumur hampir satu abad oleh tim digitalisasi perpustakaan UIN KHAS Jember. Foto : Istimewa.

JEMBER- Perpustakaan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, melakukan digitalisasi Alkitab miliki Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang berada di Desa Sumber Pakem, Kecamatan Sumberjambe.

Terdapat fakta menarik dalam penelitian tersebut, yakni naskah alkitab yang merupakan tulisan salah satu pendeta yang ditugaskan di Jember dengan usia hampir mencapai satu abad rupanya berbahasa Madura.

Salah seorang tim digitalisasi Perpustakaan UIN KHAS Jember Fiqru Mafar menyebutkan, naskah tersebut diperkirakan ditulis sebelum tahun 1942, berdasarkan catatan kecil yang ditemukan di dalamnya.

“Ditemukan catatan kecil di dalam naskah berupa tulisan tahun 1942, berdasarkan angka tersebut tim memperkirakan naskah ditulis sebelum tahun 1942,” jelasnya, Sabtu (21/5/2022).

Dirinya mengaku, saat pertama kali ditemukan kondisi fisik dari naskah kurang baik dan terancam rusak. Untuk itu, pihaknya segera melakukan tindakan prevensi atau pemeliharaan, dengan membersihkan debu dan jamur yang ada.

“Naskahnya berdebu dan sudah mengalami korosi atau pelapukan. Jadi kita bersihkan debu dan jamurnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UIN KHAS Jember Roni Subhan memaparkan, tim digitalisasi selanjutnya melakukan konversasi dengan mendigitalisasi naskah tersebut dan memberikannya pelembab, serta disimpan dalam ruangan bersuhu di bawah 17 derajat celcius.

“Setelah itu kami serhakan kembali kepada pihak GKJW Sumber Pakem,” katanya.

Menurutnya, digitalisasi merupakan salah satu dari tanggungjawab perpustakaan dalam menjaga dan memeliharah khasanah Nusantara.

“Ini merupakan bentuk pelaksanaan tugas perpustakaan dalam memeliharanya,’ tandasnya.



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV