SUARA INDONESIA

Aktivis Nilai, Bupati Jember Tak Serius Perjuangkan Nasib Honorer

Yuni Amalia - 18 September 2023 | 08:09 - Dibaca 1.55k kali
Pendidikan Aktivis Nilai, Bupati Jember Tak Serius Perjuangkan Nasib Honorer
Ketua Aktivis Pendidikan PGRI Jatim, Ilham Wahyudi (Foto: Yuni/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id – Ketua Aktivis Pendidikan PGRI Jawa Timur Ilham Wahyudi menilai, Bupati Jember tidak serius memperjuangkan nasib honorer.

Bukan tanpa alasan, dibeberkan Ilham, berdasarkan surat yang berkop Sekretariat Daerah Nomor 810/1638/414/2023 tentang penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) Tahun 2023 sangat tidak sesuai harapan.

“Bisa dibayangkan, kuota guru hanya 26 orang. Sementara yang menunggu ribuan orang. Bupati tidak serius ngurusi honorer,” ungkap Ilham dalam wawancaranya, Senin (18/09/2023) kepada Suaraindonesia.co.id.

Ilham heran, peran dinas terkait untuk memperjuangkan nasib pendidikan tidak cukup dirasakan untuk memperjuangkan kuota ASN.

“Padahal, Tahun 2023 ini ada 964 guru yang akan pensiun. Ini, masalah serius. Bupati Jember tidak boleh diam. Publik butuh tahu. Apa Pemkab Jember sudah tidak kuat membiayai belanja pegawai atau bagaimana,” tegasnya.

Sebagai aktivis dirinya meminta kepada aktivis dan pegiat pendidikan, untuk berani menyuarakan apa yang menjadi aspirasi.

“Menyatakan pendapat itu dilindungi Undang-undang. Senyampang tidak anarkis dan tidak melawan hukum, silahkan sampaikan. Kalau semua diam, ya selesai,” tutur pria asal Sampudi Madura ini.

Ilham memandang, Bupati Jember terkesan mengabaikan amanah peraturan Menteri Keuangan RI No 212 untuk jabatan ASN P3K Tahun 2023.

"PMK sudah jelas, khusus guru saja tahun ini 2.767. Ini yang muncul kok hanya 26 ini bagaimana. Apa Jember sudah tidak berdaya mengalokasikan anggaran belanja pegawai," herannya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jember, Suko Winarno saat dikonfirmasi lewat pesan singkat belum menanggapi.

"Masih akan mengikuti upacara. Sebentar lagi saya diingatkan," tulisnya singkat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV