SUARA INDONESIA

Jelang Idul Adha 2024, MAN 7 Jombang Beri Edukasi Penyembelihan Hewan Kurban ke Siswa

Gono Dwi Santoso - 12 June 2024 | 21:06 - Dibaca 1.32k kali
Pendidikan Jelang Idul Adha 2024, MAN 7 Jombang Beri Edukasi Penyembelihan Hewan Kurban ke Siswa
Sekretaris MUI Jombang KH. Ilham Rokhim, saat memberikan pembelajaran ke siswa tentang tata cara penyembelihan hewan kurban dengan baik dan benar di MAN 7 Jombang, Rabu (12/05/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Menjelang Idul Adha 2024, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7 Jombang, mengadakan tata cara penyembelihan hewan kurban yang bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia ( MUI) di Desa Keboan, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Rabu (13/06/2024).

Pelatihan ini bertujuan agar siswa mengetahui tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar. Siswa juga diberikan materi teori maupun praktik langsung untuk menyembelih hewan kurban dengan baik dan benar. Pelatihan itu dibimbing oleh KH. Ilham Rokhim, Sekretaris MUI Jombang.

Para siswa juga diedukasi tentang cara agar hewan kurban tidak ngamuk saat akan disembelih. Lalu cara untuk merobohkan hewan kurban dengan langkah yang efektif dan efisien. Serta tata cara penyembelihan yang benar dan cepat.

Kepala MAN 7 Jombang Masrukhin mengatakan , pelatihan penyembelihan hewan kurban ini sangat penting karena kaitannya dengan makanan halal. Selain itu, juga untuk mendukung program Kementerian Agama bahwa seluruh makanan dan minuman harus tersertifikasi halal.

“Kami ingin membiasakan kepada anak-anak sebagai penerus generasi Islam yang akan datang untuk terbiasa memilih hewan kurban yang sehat. Kami juga menyiapkan satu ekor kambing sehingga anak-anak tidak hanya belajar tetapi bisa praktik menyembelihnya dengan benar,” terangnya.

Ditemui di lokasi kegiatan, Kasubag Kemenag Kabupaten Jombang Arif Hidayatullah, mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. “Berharap kegiatan yang luar biasa seperti ini dapat berlanjut, karena memiliki manfaat yang sangat besar," ucapnya.

Sementara itu, KH. Ilham Rokhim menuturkan, kegiatan ini bertujuan agar peserta memahami secara praktis bagaimana melaksanakan tugas tentang penyembelihan hewan kurban.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memastikan penyembelihan dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan sesuai dengan ajaran agama. Selain itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesejahteraan hewan dalam proses penyembelihan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV