SUARA INDONESIA

KKB Papua Kembali Kontak Tembak dengan TNI-Polri, Satu Orang Meninggal Dunia

Mustakim Ali - 26 October 2020 | 18:10 - Dibaca 2.95k kali
Peristiwa Daerah KKB Papua Kembali Kontak Tembak dengan TNI-Polri, Satu Orang Meninggal Dunia
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH

JAYAPURA – Pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2020 sekitar pukul 05.00 WIT bertempat di Kampung Jalai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya telah terjadi Kontak Tembak antara Tim gabungan TNI - Polri dengan kelompok KKB Pimpinan Sabinus Waker.

Singkat cerita, Pada pukul 05.00 Wit bertempat di Kampung Jalai, telah terjadi kontak tembak antara Tim gabungan TNI–Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker. KKB yang berjumlah 50 orang ini membawa 17 senjata api yang terdiri dari orang dewasa dan bahakan melibatkan anak remaja yang dipersenjatai sebagai strategi tameng hidup KKB kelompok Sabinus Waker.

Pada saat kontak tembak tersebut, 50 orang bersenjata melakukan perlawanan kepada Tim gabungan TNI-Polri, sehingga diambil tindakan tegas terukur dan berhasil melumpuhkan dua tersangka atas nama Rubinus Tigau dan Hermanus Tipagau.

Tersangka an. Rubinus Tigau mengalami luka tembak dan meninggal dunia di TKP, sedangkan untuk pelaku an. Hermanus Tipagau masih dalam kondisi hidup dan saat ini telah diamankan oleh Tim Gabungan TNI-Polri untuk proses hukum lebih lanjut.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, mengatakan dua orang Kelompok KKB yang meninggal Dunia tersebut, terlibat dalam penembakan tim TGPF yang dipimpin oleh Benny Mamoto pada tanggal 9 Oktober 2020 lalu yang mengakibatkan Bambang Purwoko (anggota TGPF) dan dua anggota TNI-AD terluka.

"Sabinus Waker merupakan adik dari Ayub Waker yang meninggal pada tahun 2019 lalu. Saat ini Sabinus Waker tidak punya pekerjaan tetap. Kehidupan sehari-hari dia mendatangi masyarakat melakukan pemerasan untuk dia dan kelompoknya. Masyarakat di luar Freeport sering diperas,"ujar Kamal di Mapolda Papua.

Lanjut Kabid Humas Polda Papua itu, kelompok KKB pimpinan Sabnius Waker ini sering lintas di Freeport dengan melakukan penembakan dan merampok.

"KKB kelompok Sabinus Waker itu menamakan diri kelompok "Kemabu" dengan jumlah anggota 50 orang,"tuturnya.

Kamal menambahkan, KKB kelompok Sabinus Waker tercatat memiliki peran penting pada rangkaian kejahatan kriminal yang terjadi di berbagai wilayah di Papua.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV