SUARA INDONESIA

Kunjungi Pabrik Rokok, Menaker Sosialisaskan Gerakan Pekerja Sehat

Mohamad Alawi - 07 November 2020 | 16:11 - Dibaca 1.81k kali
Peristiwa Daerah Kunjungi Pabrik Rokok, Menaker Sosialisaskan Gerakan Pekerja Sehat
Menaker Ida Fauziyah ketika kunjungan kerja di PT.

MOJOKERTO,- Dalam kunjungan kerjanya ke Mojokerto, tepatnya di Mitra Produksi Sigaret (MPS) PT Ittihad Rahmat Utama, Menaker Ida Fauziyah sosialisasikan Gerakan Pekerja Sehat (GPS), Sabtu (7/10/2020).

Dalam sosialisasi GPS ini, Menaker bekerjasama dengan Parahita Diagnostic Center dalam memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 300 karyawan pabrik rokok mitra PT Sampoerna tersebut, pemeriksaan kesehatan yang digratiskan tersebut meliputi pemeriksaan asam urat, darah dan kolesterol.

Di pabrik yang berada di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Ida Fauziyah mengecek langsung manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3), protokol kesehatan (prokes) dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dan program subsidi upah khususnya bagi karyawan yang sudah ikut BPJS Ketenagakerjaan. Menaker tetap berharap kepada perusahaan, dalam kondisi sesulit apapun, jangan sampai merumahkan atau melakukan PHK.

"Alhamdulillah, ternyata di perusahaan ini semua tenaga kerjanya sudah ikut BPJS Ketenagakerjaan sehingga bisa mendapatkan bantuan upah karena upahnya di bawah 5 juta rupiah. Saya melihat secara langsung bagaimana protokol kesehatan dijalankan.Ternyata perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sudah dimulai dari rumah," terang Menaker kepada awak media setelah meninjau pabrik sigaret kretek tangan (SKT) ini.

Lebih lanjut, Ida Fauziyah mengapresiasi perusahaan karena brosur-brosur yang sudah diberikan kepada keluarga sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19, mengingat sumber penularan juga bisa dari klaster keluarga. Selain itu semua pekerja sudah menggunakan kendaraan pribadi, setelah ampai di pabrik dilakukan protokol kesehatan secara ketat.

"GPS gencar disosialisasikan di berbagai perusahaan untuk mendorong perlindungan tenaga kerja serta keberlangsungan usaha agar dapat berjalan efektif, efisien, aman, sehat dan produktif di tengah pandemi COVID-19. GPS juga menjadi upaya Kemnaker mencegah klaster baru Covid-19 di tempat kerja," sambung Ida Fauziyah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV