SUARA INDONESIA

Bersama Pegiat Lingkungan, Istri Bupati Gresik Terpilih Punguti Sampah

Syaifuddin Anam - 20 February 2021 | 12:02 - Dibaca 1.33k kali
Peristiwa Daerah Bersama Pegiat Lingkungan, Istri Bupati Gresik Terpilih Punguti Sampah
Ning Nurul, istri Bupati Gresik terpilih bersama aktivis pegiat lingkungan sedang memungut sampah

GRESIK - Aksi peduli lingkungan ditunjukan oleh Nurul Huromaini, istri Bupati Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani. Ning Nurul sapaan akrabnya turun langsung memunguti sampah plastik.

Ning Nurul terjun bersama komunitas Asosiasi Bank Sampah Gresik (Asbag). Kegitan tersebut dalam rangka memperinganti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSAN) Minggu (21/2/2021) besok.

Sambil memilah-milah sampah botol plastik di sejumlah cafe yang berdiri di Desa Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Gresik. Juga turut serta mengangkat sampah plastik yang nantinya dikumpulkan di bank sampah.

"Saya sangat mengapresiasi aksi nyata aktivis penggiat lingkungan, seperti komunitas Asbag yang tidak kenal lelah meski ditengah pandemi Covid-19," kata Ning Nurul, Sabtu (20/2/2021).

Ning Nurul berharap, aksi yang dilakukan komunitas Asbag mendapat support dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar sama-sama berperan aktif jemput bola.

Sementara DLH Gresik juga akan melakukan kegiatan Pekan Sedekah Sampah (Pedas) dalam memperingati HPSN besok. DLH setempat menghimpun sedekah dalam bentuk pengumpulah barang bekas tidak terpakai, atau sampah yang masih ada nilai ekonomisnya. 

"Hasilnya kami laporkan ke Baznas Kabupaten Gresik. Kemudian disalurkan ke rekan-rekan pasukan kuning, pasukan taman, pasukan TPA dan anak yatim piatu," kata Kepala DLH Gresik Najikh.

Sedangkan Ketua Asbag Gresik Siti Fitria menyatakan peringatan HPSN merupakan program kerja tahunan. Tahun ini merupakan tahun keempat.

"Saat ini ada ratusan bank sampah yang tersebar di Gresik. Kami juga mengedukasi kepada masyarakat maupun pemilik cafe serta warkop agar memilah sampah yang bisa dijadikan bahan baku ekonomi ditengah pandemi Covid-19," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV