SUARA INDONESIA

HUT ke 75, PWI Bondowoso Ajari Santri Ponpes Nurut Taqwa Ilmu Jurnalistik

Bahrullah - 14 March 2021 | 21:03 - Dibaca 1.12k kali
Peristiwa Daerah HUT ke 75, PWI Bondowoso Ajari Santri Ponpes Nurut Taqwa Ilmu Jurnalistik
Pembukaan Pelatihan Jurnalistik di Pondok Pesantren Nurut Taqwa Kecamatan Cermee (Foto: Bahrullah/Suaraindonesia)

BONDOWOSO - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bondowoso mengajari 30 santri Pondok Pesantren Nurut Taqwa Cermee Bondowoso ilmu jurnalistik, Minggu (14/3/2021).

Mereka diberikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik berita dan teknik penulisan berita menggunakan piramida terbalik. Dua orang Narasumber yang mengisi acara memang merupakan wartawan anggota PWI Bondowoso.

Kegiatan bertajuk 'PWI Bondowoso Goes To Pesantren' tersebut merupakan serangkaian acara dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT PWI ke-75.

Ketua PWI Bondowoso Haryono mengatakan, pendidikan jurnalistik juga perlu digelorakan pada dunia Pesantren. Karena, kegiatan jurnalistik dapat menjadi salah satu sarana yang baik untuk menyampaikan dakwah islam yang ajarkan di pesantren.

"Jurnalistik dapat menjadi sarana untuk berdakwah dan berbagi ilmu," ujar Haryono.

Wartawan Duta Masyarakat tersebut berharap media pelajar seperti Majalah Dinding (Mading), Buletin apalagi majalah sekolah bisa aktif diisi secara periodik oleh santri.

Dia menuturkan, media tersebut merupakan wadah untuk mengasah kemampuan jurnalistik sekaligus langkah awal santri untuk mengenal dan melatih kemampuan jurnalistik lebih dalam.

"Paling tidak seperti mading, buletin dan majalah sekolah bisa aktif atau jika sudah ada bisa dikembangkan dengan lebih baik," harapnya.

Sementara Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurut Taqwa, KH. Zawawi Maksum, mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kehadiran organisasi kewartawanan tertua di Indonesia tersebut.

"Suatu kehormatan PWI bisa hadir untuk berbagi ilmu kepada santri. Saya ucapkan terimakasih banyak dan semoga kebaikan yang diberikan bermanfaat," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, para santri yang terdiri dari siswa MTs, MA dan Perguruan tinggi dalam naungan Yayasan Nurut Taqwa antusias mengikuti pelatihan.

Materi diisi oleh anggota PWI. Materi yang diberikan diantaranya pengantar jurnalistik dan teknik menulis berbagai jenis artikel.

Selain memberikan pelatihan jurnalistik, PWI Bondowoso juga mewakafkan puluhan Al-Qur'an kepada Yayasan Nurut Taqwa.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV