SUARA INDONESIA

Tingkatkan Kemahiran Pembina Pramuka, Yapenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Adakan KMD

Muhammad Nurul Yaqin - 16 March 2021 | 15:03 - Dibaca 1.43k kali
Peristiwa Daerah Tingkatkan Kemahiran Pembina Pramuka, Yapenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Adakan KMD
Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Aula Soekarno SMK 17 Agustus Muncar, Banyuwangi.

BANYUWANGI- Yapenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar atau KMD.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemahiran dan keterampilan para pembina pramuka dalam bidang kepramukaan.

Secara formal, bertempat di Aula Soekarno SMK 17 Agustus Muncar, acara dibuka oleh Ketua Umum Yapenas, Misnadi. Kegiatan berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 14-19 Maret 2021.

KMD kali ini diikuti oleh pembina pramuka berskala nasional, secara daring peserta dari berbagai penjuru kota ikut andil dalam kursus tersebut.

Secara terperinci, 58 peserta dari internal Yapenas mengikuti secara tatap muka, dan 79 peserta dari luar kota mengikuti secara virtual.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Yapenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Misnadi menyampaikan, kedepannya pramuka di lingkungan Yapenas harus menjadi barometer bagi pramuka di wilayah Kabupaten Banyuwangi khususnya.

"Jadilah pramuka yang bermanfaat, tentunya hal itu harus dibarengi dengan perilaku akhlak dan prestasi  yang baik. Jadi secara keseluruhan Pramuka itu adalah orang-orang yang bergembira dan fokus pada tujuannya,” ujar Misnadi kepada peserta KMD.

Misnadi menjelaskan, gerakan pramuka merupakan pendidikan wajib di sekolah, yang dijadikan media untuk membina diri, membina satuan dan membina masyarakat. 

"Gerakan pramuka telah mampu membuktikan perannya dalam membangun karakter generasi muda sesuai visinya. Generasi muda harus memiliki mentalitas yang tangguh untuk menghadapi tantangan dimasa depan," ungkapnya.

Dia mengajak kepada seluruh peserta KMD yang rata-rata adalah guru, agar menjadi contoh dan panutan kepada anak didiknya.

"Mari perkaya ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Ikutilah kursus ini dengan baik, disiplin dan penuh semangat," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan kursus ini para peserta akan dibekali dengan keterampilan Kepramukaan Siaga, Kepenggalangan, Keterampilan Kepramukaan Penggalang, Keterampilan Kepramukaan Penegak, Adm. Gudep, Struktur Organisasi Gudep dan Nasional, Praktek Kegiatan Scouting Skill dan Outdoor Activity.

Kegiatan kursus ini pun diharapkan bisa memberikan manfaat kepada para peserta, semakin menjunjung tinggi kebersamaan, kegotongroyongan, kepedulian, rasa saling menghargai dan menghormati. 

"Sekaligus nantinya mampu memberikan bekal kepada anak didiknya untuk lebih meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta Tanah Air," tambah Kusno Abiwibowo, Kapusdiklatcab Macan Putih Banyuwangi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV