SUARA INDONESIA

Di Situbondo, Hilal Akan Dipantau Dari Pelabuhan Kalbut

Syamsuri - 12 April 2021 | 08:04 - Dibaca 1.78k kali
Peristiwa Daerah Di Situbondo, Hilal Akan Dipantau Dari Pelabuhan Kalbut
Rapat persiapan pantau hilal yang dilakukan kordinator pelabuhan wilker Kalbut (Heru/Suara Indonesia)

SITUBONDO - Untuk memantau hilal penentuan bulan puasa, secara khusus Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Wilker Pelabuhan Kalbut, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, pagi ini sudah mensterilkan area lokasi untuk penempatan alat alat pantau hilal, Senin (12/4/2021).

Keterangan yang disampaikan Kordinator Wilker Pelabuhan Kalbut, Abdul Latif Sarjono menjelaskan bahwa, hasil rapat kecil tadi pihaknya sudah mensiapkan dan mensetrilkan lokasi yang akan dijadikan titik pantau hilal nanti sore yang akan dilakukan petugas dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Situbondo dan pihak terkait lainnya.

“Pagi ini, kita sudah melakukan setirilisasi area pemantauan hilal di Pelabuhan Kalbut. Kegiatan rutinitas tahunan ini, merupakan bentuk sinergitas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Wilker Pelabuhan Kalbut dengan instansi terkait yang akan melakukan pemantauan hilal. Kita hanya memfasilitasi titik pantau hilal saja,” jelas Latif, panggilan akrab Abdul Latif Sarjono.

Lebih lanjut, Latif menjelaskan, pemantau hilal di area Pelabuhan Wilker Kalbut ini, sudah bertahun-tahun dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Di Pelabuhan Kalbut bukan saja digunakan untuk melakukan penentuan hilal saja. Tapi, di Pelabuhan Kalbut juga sering digunakan untuk bidang sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang telah dikoordinasikan bersama Pemkab Situbondo,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV