SUARA INDONESIA

Lepas Kader Pendataan Keluarga, Plh. Sekda: Bukan Pendataan Program Bagi-bagi Bansos

Mustakim Ali - 17 May 2021 | 14:05 - Dibaca 891 kali
Peristiwa Daerah Lepas Kader Pendataan Keluarga, Plh. Sekda: Bukan Pendataan Program Bagi-bagi Bansos
Plh. Sekda saat melepas  para kader dengan pengalungan tanda peserta

MULIA - Hadir mewakili Bupati Puncak Jaya, Plh. Sekda Yahya Wonorenggo, secara resmi membuka Acara Pelepasan kader pendataan keluarga, bertempat di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana, Kamis (6/5/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Mince Hana Noriwari dalam laporannya menyampaikan bahwa ada 136 anggota kader yang akan mendata di 12 distrik yang ada di Kabupaten Puncak Jaya.

"Ada pemutahiran data yang akan dilaksanakan di 27 distrik nanti yang berlangsung sampai bulan desember, tapi sesuai dengan surat edaran dari pusat, daerah dituntut harus ada pendataan khusus untuk keluarga berencana,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya data KB bagi Provinsi maupun Kabupaten diharapkan menjadi acuan guna menyiapkan program/kegiatan dalam rangka membentuk keluarga yang baik, sejahtera, dan berkualitas di Papua.

Ny. Mien berpesan kepada seluruh kader agar dalam melaksanakan tugas pendataan untuk memperhatikan 4 hal seperti gizi buruk yang ada di Kabupaten Puncak Jaya, kemudian data ibu hamil, data pengantin yang sedang dalam masa subur, dan yang lainnya. 

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Asisten I selaku Plh. Sekda Yahya Wonorenggo menyampaikan, berdasarkan sensus tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia adalah sebanyak 270,2 juta jiwa. Kini dengan target sasaran pendataan adalah 77,9 juta keluarga Indonesia menjadi PR kedepan. 

"Dalam lingkup Kabupaten Puncak Jaya tentu jumlah yang lebih sedikit namun dengan tantangan sosial budaya yang berbeda dengan daerah lain,” jelas Yahya.

Pihaknya mengakui bahwa kegiatan tersebut cukup terlambat dari jadwal seharusnya. Yakni pada awal april, dikarenakan keterlambatan penetapan APBD 2021. Kendati demikian jajarannya optimis, para Kepala OPD mampu mengejar ketertinggalan. 

“Kader harus melakukan komunikasi yang baik, jika ada masyarakat yang tidak mengerti bahasa indonesia maka kader harus menggunakan bahasa daerah karena kami akan tetap mengontrol dan mengawasi seluruh pelaksanaan pendataan keluarga yang ada di Kabupaten ini," harapnya. 

Pihaknya juga meminta kepada jajaran dinas untuk melibatkan tokoh agama dan para kepala Distrik dalam upaya sosialisasi. Selain itu koordinasi dengan berbagai instansi Vertikal yang mengelola data perlu disinergikan menuju "satu data Keluarga". 

Selain itu Plh. Sekda menekankan agar kader yang terjun ke masyarakat harus memberikan pemahaman bahwa pendataan ini bukanlah program pendataan bagi-bagi bantuan sosial bagi masyarakat, sehingga dikhawatirkan data yang masuk dimanipulasi. 

Dalam kesempatan tersebut juga secara resmi, Plh. Sekda melepas  para kader dengan pengalungan tanda peserta dengan penerapan protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh. Sekda Yahya Wonorengga, Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Esau Karoba, Sahli Bidang Ekubang Barnabas Yoteni, Sahli Bid. Kemasyarakatan Yus Baminggen, Pasi Ops Kodim 1714/PJ Kapt. Inf. Daniel Sine, Personel samapta Polres Puncak Jaya dan staf Badan Pusat Statistik serta Staf Dukcapil. (adv).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV