SUARA INDONESIA

Resmi Dibuka, Warga Trengggalek Bakal Dimanjakan Kemudahan Cafe Layanan Publik

Rudi Yuni - 08 June 2021 | 18:06 - Dibaca 774 kali
Peristiwa Daerah Resmi Dibuka, Warga Trengggalek Bakal Dimanjakan Kemudahan Cafe Layanan Publik
Bupati Trenggalek lihat langsung Cafe Layanan Publik

TRENGGALEK - Masyarakat Trenggalek bakal dimanjakan dengan kemudahan pelayanan yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten. Bagaimana tidak di era digitalisasi saat ini pemerintah terus berkomitmen memudahkan pelayanan terhadap masyarakatnya.

Seperti inovasi Cafe Layanan Publik yang telah diresmikan oleh Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin bertempat di kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP), Selasa (8/6/2021).

Pada inovasi yang diluncurkan itu, semua layanan yang ada mulai dari layanan perijinan usaha, SKCK, pembayaran pajak, BPJS maupun layanan yang lainnya telah diintegrasikan menjadi satu.

"Alhamdulillah, saat ini cafe pelayanan publik pertama kita sudah dibuka dan ini berfungsi mengintegrasikan semua layanan yang ada," kata Gus Ipin usai peresmian.

Lanjutnya, tidak hanya pelayanan perijinan di Dinas PMPTSP, namun juga lintas sektor mulai Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Polres Trenggalek, bahkan kantor pelayanan Pajak Pratama, UPT dari Provinsi Jatim.

Dengan inovasi ini masyarakat dapat mengakses layanan dan tidak harus datang ke cafe pelayanan publik. Karena cafe pelayanan publik ini hanya untuk membantu, barang siapa yang ada kesulitan dalam mengakses pelayanan.

"Semua pelayanan sudah bisa dilakukan secara online, tinggal masuk ke http:\\www.cpp.trenggalekkab.go.id disana semua pelayanannya sudah ada," tuturnya.

Masih menurut Gus Ipin, jadi masyarakat jika ingin mendapatkan layanan tinggal memilih, selanjutnya bisa memasukkan scan barcode untuk antrian.

"Ketika datang, masyarakat sudah bisa melihat estimasi waktunya, terus di scan barcodenya, lalu masuk ke loket yang dituju," jelasnya.

Inovasi yang diambil oleh Pemkab Trenggalek ini juga mendapat apresiasi dari pemerintah Provinsi Jatim dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa.

Usai peresmian Diah mengucapkan terima kasih kepada Kabupten Trenggalek yang berupaya memperbaiki pelayanan publik dengan melaunching cafe pelayanan publik.

Ini merupakan upaya yang baik sekaligus bagian dari reformasi birokrasi. Pejabat Kemenpan RB ini mendukung upaya Trenggalek dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Kami mengapresiasi upaya menyatukan cafe cafe layanan publik ini sehingga ada kemudahan akses masyarakat," pujinya Diah.

Diah juga berharap, cafe pelayanan publik mampu merubah wajah pelayanan publik di Trenggalek. Pihaknya juga berharap dengan meningkatnya pelayanan ini dibarengi dengan kualitas pelayanan maupun kualitas SDM pelayanan yang ada, sehingga kemudahannya bisa semakin terasa. (adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV