SUARA INDONESIA

Berbuah Hasil, Trengggalek Raih Penghargaan dari Perpustakaan Nasional 

Rudi Yuni - 17 June 2021 | 14:06 - Dibaca 1.10k kali
Peristiwa Daerah Berbuah Hasil, Trengggalek Raih Penghargaan dari Perpustakaan Nasional 
Bupati saat sampaikan prestasinya

TRENGGALEK - Dianggap memiliki dedikasi membina dan mengembangkan perpustakaan serta kegemaran membaca, Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin mendapat penghargaan dari perpustakaan nasional.

"Penghargaan ini bisa diartikan bahwa kerja seluruh masyarakat dan OPD yang telah membuahkan hasil," kata Gus Ipin sapaan akrabnya, Kamis (17/6/2021).

Lanjut Gus Ipin, upaya yang telah dilakukan untuk mendorong budaya literasi ini mulai merintis digitalisasi literasi, bahkan juga ada beberapa kelompok literasi yang menumbuhkan minat baca.

Pemkab juga terus mengadakan perpustakaan keliling di semua ruang terbuka publik, dengan gagasan program yang nantinya minimal ada pojok baca disetiap publik.

"Ini juga menjadi salah satu syarat untuk Kementrian PAN-RB memberikan penilaian excellent di pelayanan publik," tutur Bupati muda ini.

Senada disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Trenggalek Catur Budi Prasetyo. Dirinya menambahkan dorongan upaya  menumbuhkan budaya literasi ini telah berbuah prestasi.

Salah satunya perpustakaan tingkat SMA yang berhasil menyabet juara 2 tingkat nasional. Bahkan juga ada perpustakaan desa yang telah menjadi juara 1 tingkat Provinsi.

"Tingkat akreditasi lembaga perpustakaan di Trenggalek ini termasuk kelompok yang tertinggi di Jatim," imbuhnya.

Lanjutnya, minat literasi di Trenggalek akan tumbuh dengan membangun sumber daya manusia pelayan masyarakat pembaca. Dengan membangun SDM pelayan pembaca ini, potensi kelembagaan mulai dari sekolah, dinas dan yang lainnya kita dorong untuk mempunyai kopetensi kelembagaan yang standart.

"Juga akan ada aplikasi berbasis tekhnologi informasi  menurutnya perpustaakaan mampu dikelola dengan baik," pungkasnya. (adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV