SUARA INDONESIA

Bupati Puncak Jaya Korek Soal Otsus Papua

Mustakim Ali - 30 August 2021 | 15:08 - Dibaca 1.14k kali
Peristiwa Daerah Bupati Puncak Jaya Korek Soal Otsus Papua
Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda

MULIA - Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Pusat khususnya Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Dirinya menggapai terkait pelaksanaan UU Otonomi Khusus Papua yang ada dua kontradiksi menurut masyarakat Papua yakni Otsus harus dievaluasi dan bahakan ada monalk.

"Menurut saya otsus harus dievaluasi karena ada memang program – program Pemerintah yang sudah berhasil contohnya jalan Poros Wondu – Purbalo yang berasal dari dana Otsus serta kesejahteraan yang menyangkut beberapa organisasi masyarakat dan dari situ kita membiayai mereka dari Dana Otsus itu sendiri,” ungkap Yuni.

Menurutnya dalam UU Otsus terjadi perubahan yang signifikan berdasarkan tiga hal yang menjadi tolak ukur Pembangunan, Infrastruktur dan Kesejahteraan masyarakat Papua.

"Dulu dalam pengangkatan kursi DPR selain hasil pemilihan legislatif, disitu juga ada kursi yang diangkat dan kemarin hanya ada di tingkat Provinsi tapi kedepannya untuk tingkat Kabupaten juga diberlakukan,” bebernya.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Puncak Jaya itu disela kunjungan kerjanya dalam memantau pembangunan ruas Jalan Purbalo pada, Sabtu (28/08/2021).

Bupati melanjutkan bahwa Otsus Ini memberikan ruang bagi OAP untuk berkarya dan mempunyai kesempatan.

“Ada penambahan dana sebanyak 2,5T dari situ (Otsus) kita bisa mendistribusikan untuk pembangunan Pendidikan serta Kesehatan sehingga membangkitkan semangat masyarakat Papua,” lanjutnya.

Selain itu, yang ketiga adalah memberikan ruang kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan pemekaran daerah, disitu Bupati Yuni berharap putra - putri terbaik Papua bisa tampil dalam pemekaran tersebut. 

“Itulah hal positif dari UU Otsus Nomor 21 tahun 2021,” tuturnya.

Bukan hanya itu saja, dampak positif yang dirasakan masyarakat Papua sangat terasa dan dari Otsus dimana banyak Putra-putri terbaik Papua tampil pada kanca-kanca Nasional apalagi saat ini sedang masa Pandemi Covid-19.

“Saat ini sedang masa Pandemi Covid-19, Otsus memang sangat dibutuhkan dalam kesejahteraan masyarakat Papua sehingga pada prinsipnya Otsus ini sangat berdampak dan kami harus mendukung penuh dan wajib melaksanakan pelaksanaan Otsus itu,” tutup Bupati.(ADV).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV