SUARA INDONESIA

Situs Kuno di Lereng Gunung Lawu Magetan Tak Terawat

Prabasantosa - 29 September 2021 | 19:09
Peristiwa Daerah Situs Kuno di Lereng Gunung Lawu Magetan Tak Terawat

MAGETAN - Situs berupa sejumlah arca yang berada diperbukitan lereng Gunung Lawu sisi selatan Kabupaten Magetan raib dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Situs purbakala tersebut berada diperbatasan antara Provinsi Jatim dengan Provinsi Jawa tengah.

Dari informasi yang diterima, lebih dari satu arca yang dimungkinkan raib dari situs purbakala tersebut. Terlebih tidak adanya perawatan yang intensif baik dari pemerintah setempat maupun warga.

Namun demikian, warga sekitar hafal bentuk dan nama-nama arca peninggalan kerajaan kuno tersebut.

Sarengat salah seorang warga Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan mengatakan, batu arca yang hilang berbentuk wajah manusia.

"Arca yang hilang berbentuk wajah manusia bertaring kayak butho, batu lingga, dan batu-batu khas pecahan bangunan candi," katanya.

Meski hafal arca-arca dan bentuk spesifik peninggalan bersejarah tersebut, namun pihaknya dan warga sekitar tidak bisa mengawasi keberadaan situs bersejarah tersebut setiap harinya.

"Walau sudah banyak yang hilang, warga melalui desa sudah sering menyampaikan keberadaan situs kuno bersejarah ini. Namun, Pemerintah Kabupaten Magetan hingga saat ini belum ada perhatian," tuturnya.

Sarengat menambahkan, sejak kecil pihaknya bersama teman-teman sebaya hampir setiap hari bermain ke situs kuno tersebut.

"Jadi saya hafal betul, dan saat ini batu arca yang saya lihat semasa kecil bersama teman-teman hampir seluruhnya hilang dari tempatnya. Dan hanya tersisa batu-batu yang identik dengan struktur bangunan candi berserakan. Bahkan saat ini yang utuh pun juga sudah tidak ada ditempatnya," ujarnya.

Pewarta : Prabasantosa
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV