SUARA INDONESIA

Masuk Musim Hujan, Yamaha Jatim Bagikan Tips Merawat Motor

Yuni Amalia - 30 September 2021 | 08:09 - Dibaca 1.14k kali
Peristiwa Daerah Masuk Musim Hujan, Yamaha Jatim Bagikan Tips Merawat Motor
Salah seorang pengendara motor Yamaha

SURABAYA - PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ memberikan tips agar performa motor tetap optimal saat menjalani kegiatan di musim hujan.

Tips tersebut disampaikan Dwi Suwanto selaku instruktur service Yamaha STSJ.

"Bukan hanya body luar saja yang perlu perhatian ekstra saat musim hujan. Terkadang banyak pemilik motor yang mengira musim hujan tidak mempengaruhi performa mesin. Justru ini saatnya motor diberikan perhatian lebih untuk perawatan," katanya.

Simak tips-tips dari Yamaha STSJ berikut ini untuk menjaga kondisi motor agar tetap dalam performa terbaik.

Cuci motor

Usahakan untuk mencuci sepeda motor setelah terkena air hujan. Kandungan zat asam pada air hujan dapat mengurangi kilau pada cat bodi motor.

Jika tidak ada waktu, pemilik motor bisa membilas motor bodi dan bagian-bagian penting lainnya dengan air bersih dan mengeringkan dengan kanebo. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya karat pada motor.

Cek kondisi rantai motor

Baik terkena siraman air hujan atau genangan air, pemilik motor harus memeriksa keadaan dan kondisi rantai motor. Kandungan asam dalam air hujan dapat mempercepat proses korosi pada rantai motor dan mempengaruhi kinerja serta performa dari rantai. Beri pelumas pada rantai untuk menjaga tingkat kekakuan pada rantai motor.

Periksa kondisi rem motor

Selain rantai motor, elemen-elemen rem juga harus diperhatikan kondisinya saat musim hujan. Bersihkan sela-sela rem saat berkendara di musim hujan agar tidak ada kotoran yang tersimpan di celahnya. Kotoran yang tersimpan di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem tersebut.

Periksa Tekanan ban motor

Tekanan ban yang dibutuhkan saat berkendara di musim panas dan hujan tidak sama. Pastikan ban motor sudah terisi dengan tekanan yang sesuai. Jangan sampai tekanan angin ban berlebih atau kurang, hal tersebut dapat mempengaruhi kestabilan pengendalian dan kenyamanan berkendara.

Berikut adalah tips perawatan motor oleh Yamaha STSJ. Bagi pemilik motor yang ingin memastikan kondisi kendaraan tetap prima, disarankan untuk datang ke bengkel resmi Yamaha untuk melakukan servis rutin.

Dapatkan berjuta keuntungan dengan gebyar undiah berhadiah saat melakukan servis rutin di bengkel SIP Yamaha.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya