SUARA INDONESIA

Ribuan Ton Jagung di Jember Dikirim ke Blitar, Ini Tujuannya

Wildan Mukhlishah Sy - 03 November 2021 | 14:11 - Dibaca 749 kali
Peristiwa Daerah Ribuan Ton Jagung di Jember Dikirim ke Blitar, Ini Tujuannya
Bupati Jember Hendy Siswanto Melepas Truk Kargo Jagung Ke Blitar (Foto: Humas Pemkab Jember For Suara Indonesia)

JEMBER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akan mengirimkan sebanyak dua ribu ton jagung secara bertahap ke Kabupaten Blitar, Rabu (3/11/2021).

Hal tersebut merupakan bentuk realisasi kerjasama yang sebelumnya telah dibangun antara Kabupaten Jember bersama dengan Kabupaten Blitar.

Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan, saat pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Istana Bogor, dirinya sempat berdiskusi dengan Bupati Blitar yang mengeluhkan banyak peternak terpaksa gulung tikar karena tidak mendapatkan pasokan pakan ternak.

“Mereka sambat, karena ada sekita empat ribu peternak dan separuhnya terpaksa gulung tikar karena tak dapat pakan ternak,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, komuditas jagung yang ada di Kabupaten Jember mencapai 450 ribu ton, namun yang terpakai hanya sekitar 250 ton. 

Untuk itu, pihaknya berinisiatif untuk melakukan MoU dengan Blitar dalam pendistribusian jagung, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal dan tidak terjadi surplus.  

“Kebutuhan di Blitar ini sangat besar, kami seratus persen akan menyelesaikan semua itu,” lanjutnya.

Lebih jauh, Hendy meminta agar pihak terkait dapat menjaga kontinuitas, konsistensi mutu dab kualitas jagung yang akan dikirimkan ke Blitar.

“Saya minta tolong kontinuitas, jaga mutu dan kejujuran akan kualitas jagung. Jangan sampai dikurang-kurangi,” pintanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember Arisma Parahita mengungkapkan, terdapat lima truk yang masing-masing akan mengangkut 50 ton jagung untuk dikirim ke Blitar.

“Ada dua ribu ton yang siap dikirim nanti, untuk sekarang ada lima truk yang masing-masing memuat lima puluh ton jagung,” ungkapnya.

Arismaya berharap, MoU tersebut tidak hanya dapat mengatasi kekurangan pakan ternak di Blitar dan menyerap jagung milik petani Jember, namun juga mampu membangun sinergi berkelanjutan antar kabupaten.

“Terimakasih dukungannya dari semua pihak, termasuk Bulog pusat yang telah memberikan peluang ini untuk kami Kabupaten Jember,” pungkasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya