SUARA INDONESIA

Buruh Tuban Demo PT IKSG: Kami Berjuang di Lahan Pertanian yang Dijadikan Pabrik

Irqam - 10 January 2022 | 10:01 - Dibaca 6.50k kali
Peristiwa Daerah Buruh Tuban Demo PT IKSG: Kami Berjuang di Lahan Pertanian yang Dijadikan Pabrik
Ratusan buruh menggelar aksi demonstrasi di PT IKSG, Senin (10/1/2022), (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - Ratusan buruh yang tergabung dari serikat Federasi Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Tuban menggelar aksi demonstrasi di depan pabrik PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG), Senin (10/1/2022). 

Aksi demo buruh ini mempertanyakan perusahaan yang melarang para pekerja melakukan aktivitas kerja.

Tak hanya mempertanyakan pelarangan para pekerja melakukan aktivitas kerja, buruh juga menuntut PT IKSG menerapkan sistem istirahat harian sesuai jadwal. 

Menuntut perusahaan untuk memenuhi kesejahteraan pekerja berupa kenaikan uang makan dan tunjangan pokok. 

Ratusan buruh FSPMI melakukan orasi secara bergantian di depan pintu masuk pabrik PT IKSG. Aksi sempat membuat jalur akses keluar masuk perusahaan PT Semen Indonesia di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban.

"Kami datang menuntut hak-hak kami. Kembalikan jam istirahat kerja kami seperti yang dulu dan menuntut kesejahteraan buruh," kata salah seorang buruh perempuan dalam orasinya, Senin (10/1/2022).

Buruh perempuan itu menyebut, kesejahteraan buruh harus diberikan oleh perusahaan, sebab lahan pertanian mereka telah dijadikan pabrik-pabrik.

"Lihatlah kami berjuang turun jalan demi sesuap nasi dari lahan pertanian kami yang kau jadikan pabrik. Hidup buruh, kami tak akan lelah untuk berjuang," tegasnya.

Hingga berita ini turun, massa buruh masih bergantian berorasi di depan gerbang PT IKSG untuk menyampaikan tuntutannya. Sejumlah personel kepolisian berjaga di sekitar lokasi aksi untuk mengamankan jalannya unjuk rasa oleh ratusan buruh.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV