SUARA INDONESIA

Jelang Lebaran, Jalan di Pusat Perbelanjaan Tuban Macet dan Semrawut

Irqam - 29 April 2022 | 20:04
Peristiwa Daerah Jelang Lebaran, Jalan di Pusat Perbelanjaan Tuban Macet dan Semrawut

TUBAN - Arus lalu lintas di pusat perbelanjaan Kabupaten Tuban macet dan semrawut pada Jumat (29/4/2022) malam. Masyarakat terus menyerbu pusat perbelanjaan jelang Lebaran 1443 Hijriah.

Kemacetan terlihat di Jalan Pramuka yang terdapat pusat perbelanjaan modern. Kepadatan kendaraan berada di kawasan pintu masuk pusat perbelanjaan Rena Factory.

Kendaraan roda dua hanya mampu melaju dengan kecepatan dibawah 20 kilometer per jam. Selain itu, kendaraan sesekali harus terhenti karena padatnya arus lalu lintas.

Kemacetan yang sama juga terpantau di Jalan Diponegoro menuju ke Jalan Dr Soetomo. Kemacetan arus lintas disebabkan oleh antrean kendaraan yang akan masuk di Samudra Supermarket. 

Antrean kendaraan di dua ruas jalan terus memanjang. Tetapi tak tampak adanya petugas yang mengatur.

Selain itu, motor dan mobil yang parkir di badan jalan membuat jalan semakin sempit dan kendaraan susah gerak.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLH Hub) Imam Isdarmawan mengatakan, mobilitas masyarakat terus meningkat di pusat perbelanjaan jelang lebaran. Hal ini mengakibatkan terjadinya kepadatan kendaraan.

"Momen lebaran untuk pergerakan kendaraan di wilayah dalam kota meningkat tajam, terutama di pusat-pusat perbelanjaan. Sehingga mengakibatkan pergerakan kendaraan menjadi lambat," kata Imam kepada suaraindonesia.co.id.

Menurut Imam, antisipasi meningkatnya pengunjung di pusat perbelanjaan, pihak pengelola harus menambah petugas keamanan internal untuk mengatur kendaraan keluar masuk agar tidak terjadi kemacetan.

"Kalau dirasa kewalahan dari pihak pengelola segera menghubungi kepolisian dan kami untuk membantu mengatur area depan pintu keluar masuk," ungkapnya.

Terkait pengunjung yang parkir di badan jalan, Imam menyebut pihaknya tidak pernah memberikan mengizinkan. Karena mengganggu arus lalu lintas.

"Akan segera saya koordinasikan dengan Satlantas untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas (KBO) Satlantas Polres Tuban Iptu Sampir Santoso mengatakan, akan menerjunkan anggotanya di kawasan pusat perbelanjaan untuk antisipasi kemacetan.

"Insyaallah besok kita akan turunkan anggota," tandasnya.

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya