SUARA INDONESIA

Fraksi PKS Surabaya Sampaikan Tujuh Catatan ke Wali Kota, Intinya Percepat Pemulihan Ekonomi

Lukman Hadi - 22 June 2022 | 19:06
Peristiwa Daerah Fraksi PKS Surabaya Sampaikan Tujuh Catatan ke Wali Kota, Intinya Percepat Pemulihan Ekonomi

SURABAYA - Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya Cahyo Siswo Utomo mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya dari minus 4,85 persen di tahun 2020 menjadi 4,29 persen di tahun 2021.

Hal itu disampaikan Cahyo saat mengikuti rapat Paripurna dalam pemandangan umum tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021.

"Fraksi PKS berharap saudara walikota beserta segenap jajaran pemerintah kota bisa terus bekerja dengan lebih trengginas untuk melanjutkan upaya pemulihan ekonomi warga Kota Surabaya," kata Cahyo, Rabu (22/6/2022).

Catatan pertama ialah realisasi yang tinggi pada Anggaran Pendapatan Tahun 2021 sebesar 95.9 persen, senilai 8,326 triliun rupiah. Dan serapan anggaran belanja sebesar 87,06 persen, senilai 7,819 triliun rupiah. Dan serapan anggaran belanja sebesar 87,06 persen, senilai 7,819 triliun rupiah. "Ini merupakan capaian yang baik di masa krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19," imbuhnya.

Kedua, Fraksi PKS melihat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta BPHTB menjadi sumbangan terbesar. "Fraksi PKS mendorong Pemkot secara kreatif dan inovatif mencari alternatif sumber pendapatan lainnya yang sah dan mengusulkan diterbitkannya keringanan pembayaran PBB bagi masyarakat berpenghasilan rendah," ujarnya.

Cahyo juga menyampaikan terkait rendahnya serapan belanja modal, 72,93% serta belanja jalan, jaringan dan irigasi, yakni 50,65%, akibat refocusing pada APBD tahun 2021. 

"Fraksi PKS meminta perlu kiranya pemerintah kota merencanakan dengan baik, sehingga anggaran belanja jalan, jaringan dan irigasi bisa terserap dengan optimal di perubahan APBD tahun 2022 berikutnya," pungkasnya.

Fraksi PKS juga mendukung pemerintah kota untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Kemudian, meminta pemkot melakukan pemetaan dan kajian penggunaan aset oleh Bappeko bersama dengan kelurahan dan juga kecamatan, sehingga bisa betul-betul menjawab permasalahan di lapangan.

Selanjutnya, terkait program beasiswa kuliah mahasiswa juga menjadi sorotan Fraksi PKS Surabaya. Begitu pula beasiswa siswa SMA dan SMK untuk segera direalisasikan.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya