SUARA INDONESIA

Pembukaan JKF 2022 Gubernur Jatim Kunjungi Stand Dinas Kominfo Jombang 

Gono Dwi Santoso - 26 July 2022 | 19:07
Peristiwa Daerah Pembukaan JKF 2022 Gubernur Jatim Kunjungi Stand Dinas Kominfo Jombang 

JOMBANG - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang ambil bagian dalam Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022 dengan tema Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital di Balai Kota Among Tani, Kota Batu yang dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pembukaan JKF 2022 diawali dengan penyerahan santunan anak yatim oleh Gubernur Jatim. Event yang berlangsung empat hari itu, dilaksanakan mulai Senin (25/7/22) hingga Kamis (28/7/22).

Selanjutnya pagelaran Tarian Suko Syukur dari Sanggar Tari Tribuana Binaan Budpar Batu. Kemudian Gubernur didampingi para pejabat menandai pembukaan JKF 2022 dengan memukul kenthongan secara bersama. 

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim Hudiono dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Jatim Kominfo Festival (JKF) dilatarbelakangi dengan komunikasi dan informasi publik yang menjadi tulang punggung utama institusi pemerintah sebagai informasi keberhasilan program pemerintah.

Hudiyono mengatakan, sekarang masyarakat menginginkan informasi tepat dan cepat yang berkenaan dengan program pemerintah yang dekat dengan masyarakat. Untuk itu saat ini pemerintah terus berbenah diri untuk meningkatkan percepatan informasi.

"Beberapa di antaranya melalui media online dan media sosial sebagai saluran percepatan informasi.Dengan adanya peralihan TV analog ke siaran TV digital juga menjadi ruang besar untuk melakukan komunikasi publik sekaligus meningkatkan literasi digital," tambahnya.

Hudiyono menjelaskan, JKF merupakan transformasi dari Pekan KIM. dengan inovasi di bidang komunikasi dan informatika khususnya pemerataan infrastruktur TIK.

Jatim Kominfo Festival 2022 diharapkan mampu menjadi etalase bagi kemajuan komunikasi seperti perluasan digital melalui jaringan.

Dengan maksud dan tujuan untuk mempublikasikan inovasi komunikasi publik, teknologi, serta pengelolaan data statistik.

"Tujuannya, menyajikan informasi murah dan mudah di akses sebagai diseminasi publik melalui konten positif yang mengungkit ekonomi lokal. Kegiatan ini bersamaan dengan rangkaian kegiatan seperti workshop, rakor ataupun kegiatan kominfo lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, materi Jatim Kominfo Festival 2022 sangat banyak. Sehingga harus diurai, di-breakdown dan disiapkan karena berkaitan dengan startup.

“Berapa target startup di Jatim dan digital ekosistem untuk UKM kita,” tandasnya.

Prediksi Jack Ma, kata Gubernur, di 2030 yang disampaikan melalui World Economic Forum bahwa backbone (tulang punggung) ekonomi dunia 80 persen bergantung pada UMKM. UMKM di dunia 80 persen bakal menjadi e-commerce dan 99 persen akan menjadi online.

“Bagaimana kita menghadapi digital untuk UKM, kenapa diperlukan penguatan? Karena 57,81 persen kontribusi PDRB di Jatim dari sektor UMKM,” tandasnya.

Maka, pola dalam pengembangan startup diperlukan. Tugas pemerintah untuk menjaga, mengawal dan merealisasikan tranformasi digital. Bahwa, transformasi informasi yang menjaga dan mengawal kesatuan RI. Untuk itu, Gubernur berharap terbangunnya kolaborasi satu dengan lain yang saling menguatkan.

“Untuk itu kita perlu konten positif yang membangun, produktif, dan semangat harus ditingkatkan. Semoga kita semua bisa menjaga sinergitas dari seluruh elemen strategis di Jawa Timur,” pungkas Gubernur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi stand pameran Dinas Kominfo Kabupaten Jombang disambut langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang Budi Winarno.

Dalam event tersebut Pemerintah Kabupaten Jombang menampilkan berbagai inovasi aplikasi layanan masyarakat.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Jatim Kominfo Festival tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 25 hingga 28 Juli 2022 di Kota Batu.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan, ajang JKF 2022 sekaligus sebagai kompetisi inovasi dan kolaborasi guna meningkatkan daya saing, serta peran strategis Dinas Komunikasi Informatika, terutama terkait big data, di tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi global.

"Semoga seluruh rangkaian kegiatan Jatim Kominfo Festival 2022, berjalan sesuai tujuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Jawa Timur," tandasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya