SUARA INDONESIA

Detik-Detik Proklamasi, Aparat dan Warga Lakukan Penghormatan Bendera di Simpang Empat Adipura Lumajang

Tim - 17 August 2022 | 12:08
Peristiwa Daerah Detik-Detik Proklamasi, Aparat dan Warga Lakukan Penghormatan Bendera di Simpang Empat Adipura Lumajang

Lumajang, SUARA INDONESIA - Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Kota Lumajang, Jawa Timur, Rabu, 17 Agustus 2022.

Seluruh aktivitas masyarakat di kawasan Simpang Empat Adipura Lumajang dihentikan sekitar 5 menit-an, tepat pada pukul 10.17 WIB.

Terlihat, dalam pantauan SuaraIndonesia.co.id lalu lintas jalan raya berhenti saat petugas menghentikan laju seluruh kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat.

Semua pengendara diminta untuk turun, kemudian berdiri tegak untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-77 serentak di seluruh Jawa Timur, tentunya melakukan penghormatan ke bendera merah putih," kata AKP Radyati Putri Pradini saat dikonfirmasi.

Selain di Simpang Empat Adipura Lumajang, penghormatan kepada bendera merah putih juga dilakukan di sejumlah titik di Kota Lumajang.

Diantaranya, di Simpang Empat Toga dan Simpang Empat ST, Lumajang . Lebih lanjut, Polsek jajaran wilayah Lumajang juga melakukan kegiatan yang sama.

"di Sudirman, Klojen, sama di Polsek Jajaran serentak melaksanakan," ujar AKP Radyati Putri Pradini. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, sesaat sebelum sirine berbunyi, aparat gabungan mulai dari Dinas Perhubungan (Dishub), dan Polisi meminta seluruh warga di kawasan Simpang Empat Adipura Lumajang, berhenti beraktivitas sejenak. 

Sembari diiringi lagu Indonesia Raya, para warga dan aparat yang bertugas melakukan penghormatan ke bendera merah putih. 

Suasana peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia pun terasa khidmat meski dilakukan dengan cara sederhana. (Miftahul Huda/SuaraIndonesia)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV