SUARA INDONESIA

Dorong Produksi Ternak Warga, Perkebunan Bumisari Jalin Kerjasama dengan Desa Kluncing

Muhammad Nurul Yaqin - 31 August 2022 | 14:08
Peristiwa Daerah Dorong Produksi Ternak Warga, Perkebunan Bumisari Jalin Kerjasama dengan Desa Kluncing

BANYUWANGI - PT Perkebunan dan Dagang Bumisari Maju Sukses terus hadir di tengah-tengah masyarakat, mereka turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan warga.

Jika sebelumnya menjalin kerjasama dengan Desa Bayu, Kecamatan Songgon, guna pemanfaatan wisata air terjun di kawasan perkebunan. Kali ini Bumisari menjalin perjanjian kerjasama (PKS) dengan Desa Kluncing, Kecamatan Licin.

Kerjasama antara PT Perkebunan dan Dagang Bumisari Maju Sukses dan Pemdes Kluncing, Kecamatan Licin, itu untuk pemanfaatan lahan dalam meningkatkan produksi ternak warga.

Lahan tersebut, akan dikelola warga untuk ditanami pakan ternak. Warga diperbolehkan menanam tanaman Odot dan Indigofera untuk hewan ternaknya. Penandatanganan PKS itu, dilakukan langsung di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Rabu (31/8/2022).

ADM Perkebunan Bumisari, Sudjarwo mengatakan, dalam kesepakatan bersama itu, pihaknya memberikan 89 hektare lahan perkebunan yang akan dikelola oleh 206 orang warga Desa Kluncing.

"Lahan tersebut kita berikan untuk dimanfaatkan agar ditanami tanaman pakan ternak. Diharapkan bisa mendukung pengembangan hasil ternak warga Desa Kluncing," beber Sudjarwo.

Sudjarwo menegaskan, selain dua jenis tanaman pakan untuk ternak, warga tidak diperbolehkan menanam tanaman lainnya. "Karena, ini demi pemanfaatan lahan untuk para peternak di desa tersebut," katanya.

Dia menambahkan, selain pengembangan dalam hasil ternak, kerjasama tersebut juga akan merambah ke dalam kerjasama pembangunan wisata alam yang ada di kawasan perkebunan. Sehingga, dapat mengembangkan ekonomi masyarakat daerah Perkebunan.

"Kita sangat mengutamakan masyarakat yang ada di desa, khususnya desa yang sudah menjalin kerjasama dengan baik," tegasnya.

Kerjasama seperti ini, masih kata Jarwo, merupakan bentuk sinergitas antara Perkebunan Bumisari dengan warga sekitar perkebunan. Agar, masyarakat juga merasakan manfaat dengan keberadaan Perkebunan Bumisari di wilayahnya.

"Sinergitas seperti ini memang sangatlah penting, sehingga masyarakat maupun Perkebunan Bumisari bisa berdampingan dan juga menciptakan kondusifitas wilayah," ungkapnya.

Ia menyampaikan, saat ini pihaknya telah menjalin kerjasama dengan dua desa yang ada di wilayah Perkebunan Bumisari, nantinya kerjasama ini juga akan merambah Desa Pakel. 

"Dikarenakan Perkebunan Bumisari masuk dalam tiga desa dan dua kecamatan. Diantaranya Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Desa Kluncing dan Desa Pakel, Kecamatan Licin," jelas Sudjarwo.

Sementara Kepala Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Sumawi menyambut baik. Ia mengaku adanya kerjasama ini dapat mensejahterakan dan juga menertibkan masyarakat.

"Makanya dengan adanya PKS ini merupakan suatu perubahan yang sangat bagus, dikarenakan bisa menertibkan masyarakat agar tidak saling dirugikan," katanya.

Sumawi mengatakan, adanya lahan yang disediakan oleh Perkebunan Bumisari dalam budidaya tanaman pakan ternak ini memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. 

"Makanya dengan adanya kerjasama ini, lahan tersebut sangat bermanfaat bagi 206 orang yang terdaftar dalam surat PKS tersebut," tandasnya.

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV