SUARA INDONESIA

Tingakatkan Kapasitas SDM Pengurus BUMDes, Desa Nglaris Purworejo Gelar Pelatihan Pengelolaan Unit Usaha

Agus Sulistya - 11 October 2022 | 14:10 - Dibaca 1.61k kali
Peristiwa Daerah Tingakatkan Kapasitas SDM Pengurus BUMDes, Desa Nglaris Purworejo Gelar Pelatihan Pengelolaan Unit Usaha
Sekretaris Kecamatan Bener, Vivin Suryandari Feriyani saat memberikan pengarahan dalam acara tersebut (foto: Agus/suaraindonesia.co.id)

PURWOREJO - Desa Nglaris, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, terus menggalakan program pemerintah termasuk dengan melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama yang dilaksanakan di salah satu rumah makan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (11/10/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi pengurus BUMDes yang nantinya diharapkan dapat berguna untuk perkembangan pengelolaan unit-unit BUMDes.

Sekretaris Kecamatan Bener, Vivin Suryandari Feriyani selaku narasumber menyampaikan, bahwa peningkatan kapasitas bagi pengurus BUMDes dipandang sangat penting, selain untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengurus dalam mengelola BUMDesa secara baik.

"Dibutuhkan komunikasi, koordinasi antara pengurus BUMDes dengan Kepala Desa sehingga pemanfaatan potensi sumber daya alam sekitar dan didukung permodalan yang dimiliki bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pengangguran," kata Vivin.

Lebih lanjut, Sekcam mengungkapkan, untuk Kecamatan Bener sendiri ada tiga BUMDes yang perkembangannya sangat maju termasuk BUMDes Maju Bersama milik Desa Nglaris.

"BUMDes Nglaris ini sudah cukup maju secara produk, secara usaha juga sudah cukup luas tadi ada enam usaha yang disebutkan dan mereka sudah banyak inovasi-inovasi," ungkap Vivin.

Dijelaskanya, BUMDes Nglaris juga sudah mengembangkan selain dari desa sendiri, mereka juga sudah bekerjasama dengan pihak lain.

"Karena BUMDes Maju Bersama ini masih membutuhkan permodalan, kami membuka peluang bagi warga ataupun pengusaha yang ingin membantu permodalan di BUMDes Maju Bersama Desa Nglaris," imbuh Sekcam Bener.

Sementara itu, Kepala BUMDes Maju Bersama, Rijain mengatakan, BUMDes Maju Bersama ini berdiri pada tanggal 1 Oktober 2018 dan sampai saat ini sudah ada enam unit.

"Keenam unit tersebut yakni air baku atau PDAM Desa, pertokoan, BRI Link dan Internet itu mencakup pembayaran pajak dan pembayaran perbankan, pasar desa, pengemasan air minum dalam kemasan dengan nama AIRIS dan yang terakhir unit Pertashop," kata Rijain.

Dirinya berharap, dari semua unit-unit tersebut segera bisa mandiri, bisa berjalan dengan keuangan hasil dari unit itu sendiri namun tetap bergabung dalam satu wadah BUMDes Maju Bersama.

"Kedepan kami juga akan menggembangkan dengan unit-unit baru dengan perkembangan adanya Bendungan Bener mungkin adanya potensi wisata dan sebagainya," harapnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Bener dalam hal ini mewakili Camat Bener, Kepala Kesbangpol Kabupaten Purworejo, Pendamping Desa, Kepala Desa Nglaris, Kepala BUMDes Maju Bersama dan kepala unit usaha BUMDesa Maju Bersama desa Nglaris.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV