SUARA INDONESIA

Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum Jember Ikut Perkemahan Santri 2022 di Surabaya

Wildan Mukhlishah Sy - 23 October 2022 | 08:10 - Dibaca 3.55k kali
Peristiwa Daerah Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum Jember Ikut Perkemahan Santri 2022 di Surabaya
Upacara hari santri (Foto Istimewa)

JEMBER - Pondok Pesantren (Ponpes) Maqna'ul Ulum Jember menjadi perwakilan pondok mengikuti acara perkemahan santri 2022 yang diselenggarakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur.

Acara perkemahan santri 2022 oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu (21-22/10/2022) di Lapangan Wisma Santri, Jl Raya Bandara Juanda No 26 Gedangan, Kabupaten Sidoarjo.

Perkemahan santri 2022 ini, Kemenag Kabupaten Jember mendelegasikan Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum Desa Sukorejo, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember untuk mengikuti acara perkemahan tersebut.

Para santri, pembina santri, dan seksi PD Pontren Kabupaten Jember berangkat dari Pondok sekitar 01.00 WIB menuju tempat pelaksanaan, Jumat (21/10/2022).

Pada perkemahan santri tersebut ada dua kategori kegiatan yang akan dinilai yakni menghias tenda dan memasak kuliner khas daerah masing-masing.

Sampai di tempat para santri akan mengikuti pembukaan, kemudian melakukan registrasi dulu dan persiapan shalat Jumat.

Setelah Sholat Jumat akan menampilkan kreativitas dan keahliannya dalam menghias tenda beserta memasak secara kelompok, kemudian esok harinya akan ada gladi bersih apel Hari Santri, selanjutnya penutupan dan pembongkaran tenda santri.

H. Mahrus Muhith Nahrawi, Pengasuh Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum mengungkapkan, para santri yang didelegasikan itu terus melakukan persiapan-persiapan perihal kegiatan yang akan dilaksanakan di lapangan perkemahan.

"Selama seminggu lebih, kami mempersiapkan para santri agar di sana bisa maksimal walaupun dengan waktu yang terbatas. Latihan dan pengarahan juga kami berikan agar mereka lebih siap ketika hari H," katanya.

H. Mahrus berharap, para santri yang mewakili Jember bisa menorehkan prestasi yang terbaik di acara peserta perkemahan santri, serta bisa menjalankan tugasnya dengan lancar dan pulang dalam keadaan sehat.

Dia menerangkan, Kemenag Jember mengirimkan delegasi sebanyak 8 orang, yang terdiri dari enam orang santri, satu orang pembina santri dan satu orang pendamping dari seksi PD Pontren Jember.

"Delegasi Jember antara lain : Bpk Edy Sucipto Kasi PD Pontren, Ust Qusyairi pembina santri, dan para santri Maqna'ul Ulum yakni Muhammad Akbar Ilham, Moch Rianto Hidayat , Andi Kurniawan, Moch Andreyanto, Moch Ifdolul Haqiqi, Reza Maulana Ibrahim," paparnya.

Ia berharap, dengan mengikuti perkemahan santri tersebut dapat menambah pengalaman.

"Setelah pulang bisa menerapkan apa yang dipelajari di sana, mendapat insight, teman atau relasi dengan pesantren yang lain. Serta harus memanfaatkan momentum ini dan bersungguh-sungguh, agar tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut," pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV