SUARA INDONESIA

Tiang Ramp Door Tongkang Patah, 6 Sepeda Motor Terjun ke Laut

Wildan Mukhlishah Sy - 25 November 2022 | 14:11 - Dibaca 3.59k kali
Peristiwa Daerah Tiang Ramp Door Tongkang Patah, 6 Sepeda Motor Terjun ke Laut
Kondisi ramp door tongkang, setelah mengalami kecelakaan. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP - Tiang ramp door kapal tongkang KM Samporna Maju, patah saat melakukan penyebrangan dari pelabuhan Talango-Kalianget, Jumat (25/11/2022). 

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko menjelaskan, kecelakaan laut (Laka Laut) tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Peristiwa itu bermula ketika salah satu tali rantai dari tiang ramp door yang putus, sehingga ramp door jatuh saat kapal berada di tengah laut. 

Tongkang kemudian digandeng oleh sejumlah kapal kecil atau sampan untuk menuju ke pelabuhan Talango. Evakuasi korban juga dibantu oleh pasukan gabungan dari TNI/Polri dan Polairud Polres Sumenep. 

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian tersebut, Kapolres menyatakan kerugian materil mencapai hingga Rp 75 juta, karena terdapat sebanyak 6 sepeda motor yang berada di ujung ramp door terjun bebas ke laut. 

"Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Tapi untuk kerugian sendiri ditaksir sekitar Rp 75 juta, karena ada enam sepeda motor yang jatuh ke laut," jelasnya, saat dikonfirmasi oleh sejumlah media, Jumat (25/11/2022). 

Saat ini kepolisian masih melakukan pemeriksaan, guna meminta keterangan kepada para pihak terkait, termasuk para korban, saksi, awak kapal dan pemilik KM Samporna Maju. 

Selanjutnya, pihaknya berencana untuk melaksanakan penyelidikan lebih lanjut, terkait adanya kemungkinan kecelakaan yang terjadi juga diakibatkan karena kelebihan muatan. 

"Akan kita selidiki dulu, kapasitas muatan untuk tongkang, tentu selanjutnya akan memberikan himbauan," katanya. 

Sementara itu, Pengelola KM Samporna Maju Rahman mengungkapkan, pihaknya telah memberikan himbauan  kepada penumpang agar tidak menempati ramp door tongkang. 

"Kami sudah memberikan himbauan agar mereka tidak disana," ucapnya. 

Lebih lanjut dirinya mengaku siap untuk bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi kepada penumpang yang menjadi korban dalam insiden tersebut. 

Meski demikian, untuk langkah selanjutnya, PT KM Samporna Maju juga masih menunggu informasi lebih lanjut dan hasil penyelidikan dari pihak berwajib. 

"Kami siap bertanggungjawab untuk para korban yang sepeda motornya hilang. Tapi yang jelas, ini masih menunggu hasil penyelidikan dulu," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV