SUARA INDONESIA

BKSDA Banyuwangi Belum Pastikan Kebenaran Macan Tutul Lereng Gunung Raung

Muhammad Nurul Yaqin - 04 December 2022 | 19:12 - Dibaca 1.93k kali
Peristiwa Daerah BKSDA Banyuwangi Belum Pastikan Kebenaran Macan Tutul Lereng Gunung Raung
Ilustrasi macan tutul. (Pixabay).

BANYUWANGI - Keberadaan macan tutul membuat masyarakat di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi resah.

Mereka mengaku sering menjumpai macan tutul di ladang warga yang berada di sekitar lereng Gunung Raung. Bahkan kejadian itu, sudah dilaporkan ke pihak desa dan diteruskan ke Polsek Songgon.

Fenomena macan tutul turun gunung ini mendapat tanggapan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V, Purwantono mengaku, sudah menerima informasi tersebut. Namun pihaknya belum bisa memastikan kebenaran keberadaan macan tutul ini.

"Kami belum bisa memastikan kebenarannya. Karena harus ada SOP atau tahapan untuk menyatakan bahwa macan tutul itu ada," kata Purwantono, Minggu (4/12/2022).

Pertama, kata dia, harus ada bukti otentik seperti foto atau video yang menunjukkan keberadaan macan tutul lereng Gunung Raung.

"Kalau memang ada bukti otentiknya, bisa jadi kami menempatkan camera trap untuk memastikan macan tutul itu ada," jelas Purwantono.

Lebih lanjut Purwantono menyampaikan, berdasarkan pengamatan BKSDA di Gunung Raung sejauh ini, belum ditemukan keberadaan macan tutul.

Sedangkan untuk pengakuan warga Sumberarum yang melihat penampakan macan tutul, masih perlu dilakukan identifikasi.

"Kita harus melakukan penjelajahan, apakah nantinya ditemukan ada perjumpaan secara tidak langsung. Seperti jejak, kotoran, terus cakaran di pohon, untuk memastikan itu macan tutul," terangnya.

Setelah ditemukan tanda-tanda keberadaan hewan buas ini, imbuhnya, baru dilakukan pemasangan camera trap di lokasi yang sering dilewati.

"Ketika tertangkap kamera, baru bisa disimpulkan oh ternyata ada macan tutul. Jadi perjumpaan tidak langsung saja belum cukup untuk menyatakan bahwa di suatu tempat ada macan tutulnya atau tidak," tegasnya.

Purwantono mengaku sudah menerjunkan tim untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. "Masih ditelusuri sama teman-teman," pungkasnya.

Seperti diberitakan, warga di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, dibuat heboh dengan rumor keberadaan macan tutul lereng Gunung Raung.

Warga setempat bahkan ada yang mengaku sering menjumpai macan tutul di ladang mereka. Terbaru, macan tutul ini muncul pada Minggu (4/12/2022) pagi.

Sontak warga setempat pun panik dan melaporkan turunnya macan tutul di ladang warga yang berada di lereng Gunung Raung ini. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV