SUARA INDONESIA

DPKP Bondowoso Gelar Event Lomba Cipta Menu, Ini Tujuannya

Bahrullah - 05 December 2022 | 14:12 - Dibaca 1.27k kali
Peristiwa Daerah DPKP Bondowoso Gelar Event Lomba Cipta Menu, Ini Tujuannya
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat meninjau loba cipta menu (Foto Istimewa)

BONDOWOSO - Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kabupaten Bondowoso gelar event Lomba Cipta Menu (LCM) Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Gelora Pelita, Senin (5/12/2022).

Dalam ajang LCM ini, berbagai olahan bahan lokal non beras dan non terigu dikompetisikan.

Peserta lomba diikuti oleh TPPKK, baik dari 23 kecamatan maupun seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bondowoso. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 50 peserta.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Hendri Widotono melalui sekretaris dinasnya R. Ayib Rasidi mengatakan, peserta LCM menyajikan menu yang beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

"Pangan yang ada di Bondowoso diolah menjadi aneka tidak hanya beras dan jagung. Kita menggali sumberdaya lokal ,untuk Bondowoso ini yang utama adalah ubi,"jelasnya .

Pasca lomba, diharapkan ada peningkatan di masing-masing rumah,tangga dengan mengelola bahan pangan.

Sementara, Denny Indra Pratama Kepala Bidang Ketersediaan dan Diversifikasi Pangan DPKP Bondowoso menambahkan, lomba cipta menu itu dinilai dari segi keseimbangan porsi, keanekaragaman bahan, kreativitas, cita rasa dan cara penyajiannya.

"Kami sudah siapkan tim juri dari perwakilan Dinas Kesehatan, SMKN 2 dan Chef Grand Padis Hotel Bondowoso," imbuhnya.

Dia menerangkan, peserta terdiri dari 50 kelompok yang berasal dari TP.PKK se-Kabupaten Bondowoso.

Dia menerangkan, para peserta tersebut diwajibkan menyajikan berbagai menu makanan sehari-hari yang terbuat dari aneka bahan pangan lokal seperti pisang, ubi, singkong, jagung, kentang, dan lainya yang diolah menjadi pengganti nasi.

"Menu tersebut kemudian dipadukan dengan sayur, lauk pauk dan buah yang disajikan secara menarik dan unik," tambahannya.

Sementara, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang membuka acara tersebut merasa bersyukur dengan event tersebut .

"Tidak ada lomba yang paling menarik selain Lomba Cipta Menu,ternyata ibu- ibu di Bondowoso ini jago masak ," tuturnya diiringi tawa sumringah.

Bupati Salwa berharap, acara itu akan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan penggunaan bahan lokal sebagai pengganti makanan.

"Harapannya bisa ditingkatkan pada bidang -bidang yang lain," pungkasnya.

Diketahui, untuk pemenang nanti diberikan piagam penghargaan dan tropy serta uang pembinaan total Rp. 11.250.000, yang menarik dari lomba ini biaya pembelian bahan tiap peserta mendapatkan ganti sebesar 400 ribu rupiah serta gratis pendaftaran karena menggunakan APBD TA 2022.

Hadiah pada pemenang LCM diserahkan langsung oleh ketua TP PKK Kabupaten Siti Maimunah Salwa Arifin.

Selanjutnya acara mencicipi aneka menu makanan yang disajikan oleh para peserta.

Ketua TP PKK Kabupaten Bondowoso mengungkapkan bahwa tujuan utama diadakan lomba tersebut adalah untuk membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA yang memenuhi unsur karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral dalam menu makanan sehari-hari masyarakat Bondowoso.

Pemenang juara satu akan mewakili Bondowoso dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 mendatang.

Selain Lomba Cipta Menu B2SA, acara juga dirangkai dengan kegiatan Sosialisasi Pengolah Pangan Lokal kepada 60 anggota TP PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan .


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV