SUARA INDONESIA

Ramaikan 1 Abad NU, Ribuan Warga Nahdliyin Banyuwangi Berangkat ke Sidoarjo

Muhammad Nurul Yaqin - 06 February 2023 | 17:02 - Dibaca 1.57k kali
Peristiwa Daerah Ramaikan 1 Abad NU, Ribuan Warga Nahdliyin Banyuwangi Berangkat ke Sidoarjo
Keberangkatan ribuan warga Nahdliyin Banyuwangi ke Sidoarjo dalam rangka meramaikan puncak Satu Abad NU, Senin (6/2/2023). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Ribuan warga Nahdliyin Banyuwangi berangkat ke Sidoarjo untuk meramaikan peringatan puncak Satu Abad NU di Stadion Delta, Senin (6/2/2023).

Rombongan warga Nahdliyin ini dilepas langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Ketua PCNU, KH Ali Makki Zaini. Mereka menumpang 18 bus dan 63 kendaraan kecil mulai hiace hingga kendaraan pribadi.

“Total semuanya ada 2.435 orang yang berasal dari seluruh Badan Otonom NU, Pengurus NU dan lembaga-lembaga NU,” kata Gus Makki, sapaan akrabnya.

Ribuan warga NU Banyuwangi ini berangkat dalam dua kelompok besar. Rombongan pertama berangkat dari wilayah Kecamatan Genteng melalui jalur selatan. Rombongan kedua berangkat dari kota tepatnya dari Kantor PCNU Banyuwangi.

"Demi keamanan rombongan, kami sudah menugaskan Banser dan Pagar Nusa agar memberi rasa aman khususnya kepada jamaah Banyuwangi,” ujar Gus Makki.

Selain itu, guna mengantisipasi adanya rombongan yang tersesat atau terlepas dari rombongan, pihaknya telah menunjuk koordinator di setiap rombongan.

Pasalnya, berdasarkan laporan yang pihaknya terima, pagi tadi jumlah orang yang datang ke Sidoarjo untuk puncak Satu Abad NU sudah mendekati satu juta orang.

"Oleh karena itu di setiap kendaraan sudah ditunjuk koordinator yang bertanggung jawab mengawasi keamanan rombongannya," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berpesan agar seluruh rombongan yang berangkat ke Sidoarjo untuk menjaga niat.  

Pesan Ipuk, saat puncak perayaan Satu Abad NU warga Nahdliyin harus diniatkan untuk ibadah, mengaji dan mendengarkan tausiah dari tokoh-tokoh NU.

“Saya berharap ada semangat yang dibawa teman-teman Banyuwangi yang ikut hadir di Sidoarjo ini,” ujarnya.  

Istri Menteri PAN RB ini berharap, sepulang dari menghadiri peringatan hari jadi NU satu abad ini,warga Nahdliyin Banyuwangi semakin punya kontribusi dalam pembangunan di Banyuwangi. 

“Karena sejarahnya NU juga sangat besar perannya dalam perjuangan di Indonesia khususnya di Banyuwangi,” ujar Ipuk yang juga akan hadir dalam acara itu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV