SUARA INDONESIA

Bahan Baku Langka, Harga Beras di Jombang Merangkak Naik

Gono Dwi Santoso - 09 February 2023 | 10:02 - Dibaca 1.06k kali
Peristiwa Daerah Bahan Baku Langka, Harga Beras di Jombang Merangkak Naik
Pembeli saat melihat beras di kios Sugandi di pasar Citra Niaga Jombang, kamis (09/02/2023).

JOMBANG -  Kebutuhan bahan pangan terutama bahan pokok beras sangat di butuhkan bagi masyarakat .Mengingat beras adalah bahan pangan pokok utama yang di butuhkan masyarakat untuk di konsumsi.

Belum adanya panen raya padi di wilayah Jombang, membuat harga beras merangkak naik. Ini terpantau di Pasar Citra Niaga Jombang yang harga beras di tingkat  pedagang sudah seminggu terakhir ini alami kenaikan.

Untuk menyiasati kenaikkan harga beras tersebut  pedagang terpaksa harus menaikkan harga jual beras ke konsumen supaya tidak mengalami kerugian karena harga di tingkat produsen beras juga alami kenaikan,Kamis (08/02/2023).

Ditemui saat melayani pembeli  Sugandi (56)  mengatakan, untuk pasokan beras di tingkat pedagang mengalami kelangkaan karena pasokan beras berkurang karena belum ada panen padi diwilayah Jombang.

" Untuk wilayah panen di luar Jombang daerah Bojonegoro dan  Lamongan. Minimnya pasokan beras ini sudah terjadi satu mingguan karena bahan baku padi belum ada yang panen di Jombang, " tambahnya.

Subandi mengatakan, kelangkaan beras itu justru membuat harga beras mulai merangkak naik .Untuk mensiasati kenaikan harga beras tersebut, terpaksa harus menaikan harga beras sedikit demi sedikit  karena menipisnya pasokan beras.

" Harga beras naik, karena pasokan padi buat bahan baku beras yang langka dan belum adanya panen padi di wilayah Jombang membuat harga beras merangkak naik sejak seminggu terakhir ini , terangnya. 

Sugandi juga mericikan, harga masing-masing beras yang mengalami kenaikan seperti beras Serang semula harga Rp 11.200 menjadi Rp 11.600, beras Bengawan semula 11.500 naik 11.800 sedangkan beras Bramo ,semula 10.800 menjadi Rp 12.200.

Sugandi berharap kepada pemerintah ,untuk  menjaga stabilitas harga sembako bahan pokok di pasaran terutama harga beras yang sudah mulai naik  ini supaya bisa normal kembali, pungkasnya.

Ditemui terpisah saat beli beras, Ika ( 35) pembeli beras mengatakan, membeli beras karena sudah menjadi  kebutuhan bulanan keluarga, meskipun harga mengalami  kenaikan tidak ada masalah yang penting barangnya ada .

" Semoga harga beras kembali stabil seperti dulu, sehingga pembeli tenang meskipun ada kenaikan beras masih bisa dibeli di pasar ," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya