SUARA INDONESIA

Pesta Siaga 2023, Ketua Mabicab 11.01 Cilacap Harapkan Ini

Satria Galih Saputra - 12 February 2023 | 12:02 - Dibaca 2.74k kali
Peristiwa Daerah Pesta Siaga 2023, Ketua Mabicab 11.01 Cilacap Harapkan Ini
Ketua Mabicab 11.01 Cilacap, Yunita Dyah Suminar Saat Memimpin Upacara Pembukaan Pesta Siaga 2023 (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Pramuka Kwarcab 11.01 Cilacap menggelar Pesta Siaga Tahun 2023 di Lapangan Jati Persada, Kecamatan Cilacap Tengah, Sabtu (11/2/2023). 

Kegiatan diawali upacara pembukaan Pesta Siaga dipimpin Ketua Mabicab 11.01 Cilacap, Yunita Dyah Suminar diikuti ratusan peserta siaga perwakilan dari 24 Kwartir Ranting se-Kabupaten Cilacap. 

Dalam sambutannya, Ketua Mabicab 11.01 Cilacap, Yunita Dyah Suminar mengatakan, Pesta Siaga digelar dalam rangka memperluas persaudaraan, meningkatkan pengetahuan, pengalaman serta ketrampilan. 

"Kegiatan ini tentunya sangat positif dan bermanfaat karena merupakan kegiatan yang menyenangkan serta menjadi ajang pertemuan barung-barung dari beberapa gugus depan di kwartir cabang (Kwarcab) 11.01 Cilacap," ujarnya. 

Yunita menambahkan, pendidikan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka merupakan gerakan non formal yaitu pendidikan yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan keluarga. 

"Dimana sebagai penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga antara lain mengenai disiplin, ketrampilan, persaudaraan bak terhadap masyarakat dan pembentukan watak," tandasnya. 

Ia menyampaikan, bahwa peserta siaga ini merupakan barung-barung tergiat juara l putra dan juara l putri yang telah mengikuti pesta siaga di tingkat Kwartir Ranting. 

Di sela-sela kesempatannya, Yunita berpesan kepada peserta siaga untuk senantiasa belajar dan melatih diri agar nantinya menjadi orang yang berguna bagi keluarga dan masyarakat. 

Selain itu sebagai duta dari Kwarran masing-masing, peserta harus dapat menunjukkan jati diri dan prestasi, sehingga menjadi yang terbaik dan membanggakan.

"Melalui kegiatan Pesta Siaga ini diharapkan anak-anak nantinya menjadi mandiri, cerdas, ceria dan kreatif. Selain itu mendorong anak-anak terbiasa bekerjasama," ucap Yunita yang juga menjabat sebagai Pj Bupati Cilacap tersebut. 

Usai upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan peresmian gedung Sanggar Pramuka Kwarcab 11.01 Cilacap baru. 

Dalam kesempatan itu, Yunita selaku Ketua Mabicab 11.01 Cilacap berkesempatan meresmikan gedung Sanggar Pramuka baru tersebut. 

Adapun segenap perlombaan yang diikuti 384 siswa dari 48 barung putra dan putri. Masing-masing barung tersebut terdiri dari 8 anggota.

Perlombaan tersebut meliputi pentas seni budaya, siaga pintar, bumbung kemanusiaan Pramuka, atribut siaga, simpul, ketakwaan, lomba tangkap tongkat dan scouting skill.

Lebih lanjut, para pemenang barung tergiat 1, 2 dan 3 nantinya berhak mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwarda Jawa Tengah mewakili kontingen pesta siaga di Binwil Banyumas Tahun 2023 pada 12-13 Mei mendatang yang akan dilaksanakan di Kabupaten Cilacap sebagai tuan rumah. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV